Kuliner / Resep / Cara Agar Masakan Sayur Anda Tetap Hijau Bertekstur

Cara Agar Masakan Sayur Anda Tetap Hijau Bertekstur

Kandungan gizi dan nutrisi dalam sayuran berwarna hijau cukup banyak, selain mengandung vitamin C dan vitamin A, sayur-mayur berwarna hijau juga mengandung magnesium, zat besi serta karotenoid yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas.

Para peneliti mengatakan zat klorofil yang dikandung oleh sayuran hijau sangat penting untuk pembentukan sel darah merah pada tubuh sehingga sangat efektif bagi para penderita anemia, namun untuk menjaga keberadaan zat-zat penting pada sayuran hijau, maka perlu memperhatikan cara memasaknya agar kandungan zat-zat penting bagi tubuh tadi bisa tetap terjaga dan diserap dengan berlimpah oleh tubuh kita, yaitu dengan mengusahakan masakan sayur anda tetap nampak hijau bernutrisi dan bertekstur.

Masakan Sayur Tetap Hijau Bertekstur

Pernahkah anda makan di sebuah restoran ternama, lalu anda memesan menu sayuran, lantas menu sayuran yang anda pesan sungguh nikmat dan lezat, tidak itu saja, rasanya kriuk-kriuk dan sayurannya masih terlihat hijau bertekstur?

Di samping cita rasa yang kriuk-kriuk dan lezat tadi, sayuran yang masih hijau bertekstur masih mengandung banyak vitamin dan gandungan gizi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh anda sebagaimana telah kami singgung di atas.

Untuk memperolehnya, ternyata para koki dan chef punya trik tersendiri dan rahasia, kali ini blogekstara akan buka-bukaan dan berbagi trik agar masakan sayur anda terasa kriuk-kriuk dan bertekstur.

Cara Pertama

Merebus adalah cara paling umum untuk memperoleh masakan sayuran lezat dengan mudah, didihkan air secukupnya, lalu setelah itu baru anda masukkan sayuran yang telah anda cuci bersih terlebih dahulu, jangan merebus terlalu lama, untuk sayuran berdaun hujau biarkan di dalam panci + 30 detik saja, untuk sayuran yang berbatang cukup + 60 detika saja, lalu segera angkat sayurnya dan terlebih dahulu taruhlah sayuran tadi di semangkuk es agar proses pemanasannya segera selesai, setelah itu baru anda melangkah kepada proses pemasakan selanjutnya.

Cara Kedua

Cara kedua untuk memperoleh masakan sayur enak , ambil kurang lebih satu liter air, panaskan airnya sampai benar-benar mendidih, setelah itu segera masukkan satu sendok makan garam dapur kedalam panci rebusan air tadi, kemudian masukkan sayuran yang terlebih dahulu anda cuci dengan bersih, jangan biarkan terlalu lama, kemudian angkat dan tiriskan.

Penulis: saparuddin

Foto Profil dari saparuddin

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...