Kuliner / Lain-lain / Kesalahan dalam Membuat Telur Orak-Arik

Kesalahan dalam Membuat Telur Orak-Arik

Untuk membuat telur orak-arik memang gampang. Namun, tidak semua orang bisa membuat telur orak-arik ini. Apalagi dalam pembuatnnya tentu harus dengan perpaduan rasa yang enak. Telur orak-arik ini bisa Anda gunakan untuk sarapan, selain mudah tentunya sangat praktis pada saat membuatnya. Oleh karena itu, sebelum Anda membuat telur orak-arik ini, ada baiknya kita simak beberapa kesalahan dalam membuat telur orak-arik yang dilansir oleh huffingtonpost.com.

Membuat telur orak-arik

Kesalahan Pertama

Dalam memasak telur orak-arik ini yang pertama harus diperhatikan adalah api. Memasak dengan api yang besar bisa membuat telur Anda mudah gosong. Jadi, alangkah baiknya Anda memasak telur orak-arik ini dengan api yang kecil untuk mendapatkan tekstur dan rasa yang diinginkan.

Kesalahan Kedua

Kesalahan kedua dalam membuat telur orak-arik ini adalah saat memasak terlalu semangat hingga telur tersebut terlalu orak-arik hingga gosong. Jika ini terjadi, telur tersebut tidak akan terasa lembut dimulut. Untuk memastikan telur tersebut sudah matang atau tidak adalah dengan melihat tekstur telur yang masih basah namun tidak benyek.

Kesalahan Ketiga

Selain kesalahan diatas, cita rasa telur orak-arik bisa rusak jika Anda menggunakan telur yang sudah alam disimpan. Telur yang disimpan kurang dari seminggu atau masih segar ini masih memiliki cangkang yang berpori serta menyerap bau dan melepaskan uap air.

Kesalahan Keempat

Pada saat memasak, Anda diharapkan untuk mengaduk secara terus menerus hingga merata yang akan membuat tekstur telur orak-arik ini bisa menjadi lembut. Jika Anda tidak mengaduknya, tekstur telur ini akan menjadi kasar.

Kesalahan Kelima

Jangan membiarkan telur yang sudah diaduk didiamkan terlalu lama. Saat Anda membuat telur orak-arik, ada baiknya Anda langsung mengambil telur tersebut dan aduk pada saat itu juga sebelum memasaknya.

Kesalahan Keenam

Untuk mendapatkan telur orak-arik yang sempurna, Anda tidak perlu menambahkan air seperti susu atau krim. Karena menambahkan cairan pada telur orak-arik bisa membuat telur menjadi basah dan terlalu matang.

Kesalahan Ketujuh

Pada saat Anda akan membuat telur orak-arik adalah memsakan dengan wajan yang tepat. pilihlah ukuran wajan yang sesuai dengan jumlah telur. Wajan dengan diameter 18 cm bisa Anda gunakan untuk membuat telur orak-arik dengan dua butir telur.

Kesalahan Kedelapan

Berhenti mengaduk telur yang akan dibuat orak-arik bisa membuat Anda gagal untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Kesalahan Kesembilan

Pada saat memasak telur orak-arik, ada baiknya Anda memberikan bumbu seperti garam atau perasa saat telur sudah mau diangkat dari wajan. Membeikan bumbu terlalu awal bisa merusak tekstur dan membuat telur orak-arik ini jadi berair.

Untuk membuat telur orak-arik ini memang gampang. Namun, untuk mendapatkan hasil yang sempurna, ada baiknya Anda menghindari 9 kesalahan di atas.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...