Kuliner / Nusantara / Membuat Tumpeng dan Menyambut HUT RI 69

Membuat Tumpeng dan Menyambut HUT RI 69

Tumpeng, dimana menu ini terbilang wajib untuk menyambut perayaan HUT RI. Tumpeng sendiri biasanya menjadi menu utama khususnya untuk malam-malam syukuran. Meskipun biasa dipakai hanya untuk acara malam syukuran seperti pernikahan, khitanan, ternyata bisa juga dipakai untuk malam syukuran untuk menyambut HUT RI ke-69.

membuat tumpeng

Peringatan HUT RI biasanya orang-orang antusias untuk menyambutnya, dimulai dengan berbagai lomba, tak kalah penting juga biasanya ada perlombaan membuat tumpeng. Para peserta mengikuti perlombaan ini tampak cekatan untuk menata lauk pauk, hiasan, sehingga menarik perhatian juri untuk menilai dari tumpeng itu sendiri. Apalagi akan tampak lebih cantik, jika tumpeng tersebut diberi bendera merah putih di pucuk tumpeng tersebut.

Berbagai macam tumpeng tersedia, mulai dari warna tumpeng yang diapakai. Lebih umum biasanya putih dan kuning. Lauk-lauk seperti sayuran, tempe, telur, ayam, sambal goreng dan lain-lain menjadi pelengkap yang unik untuk tumpeng ini.

Ada sedikit tips untuk Anda bila ingin membuat tumpeng.

Bahan apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat tumpeng? pelengkap atau apa saja hiasan untuk mempercantik tumpeng?

1. Pertama adalah Anda harus menentukan dulu tumpeng tersebut, tumpeng putih atau kuning. Kemudian buatlah daftar-daftar lauk pauk serta sayuran yang akan jadi temannya

2. Pilihlah beras berwarna putih dengan kualitas yang terbaik, agar jadi tumpeng dengan hasil yang baik. Bersihkan beras hingga bersih. Campurkan setiap 1 liter beras dengan 200 gr beras ketan. Kemudian, rendam campuran beras dan ketan lebih kurang hingga 1 jam. Langkah selanjutnya adalah kukus hingga setengah matang agar hasilnya lebih pulen.

3. Untuk langkah selanjutnya, masak campuran beras dan ketan yang telah direndam tadi dengan tambahan santan dan bumbu hingga santan tersebut meresap. Jika Anda memilih tumpeng kuning, tambahkan kunyit, serai dan daun salam.

4. Untuk mempercantik dan tiap butiran beras tampak lebih mengkilap, Anda bisa menambahkan perasan air jeruk nipis dan aduklah hingga rata. Biarkan dalam panci tertutup hingga 15 menit, agar nasi tumpeng benar-benar padat dan hasil cetakan akan bagus.

5. Pada saat Anda akan mencetak tumpeng, sebaiknya ujung cetakan diberi selembar daun pisang. Jadi pada saat Anda membaliknya ujung cetakan tersebut tidak akan lengket dan mudah dilepas. Masukkan nasi tersebut selagi panas ke dalam cetakan sambil ditekan-tekan hingga cukup padat.

6. Setelah itu, Anda tinggal persiapkan untuk pelengkap tumpeng tersebut. Anda bisa menambahkan sayur-sayur, tempe, tahu, sambal goreng, telur dan ayam goreng atau bahan-bahan lain sesuai dengan selera Anda.

7. Terakhir adalah Anda tinggal menghias tumpeng tersebut hingga kelihatan lebih menarik. Jangan lupa ya untuk menancapkan bendera merah putih kecil diatasnya. :)

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

One comment

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...