Kuliner / Lain-lain / Tips Memasak Daging Supaya tidak Alot

Tips Memasak Daging Supaya tidak Alot

Memasak daging memang gampang-gampang susah, terutama buat kaum hawa yang suka memasak daging. Pada  saat memasak daging, walau sudah direbus dengan sangat lama, terkadang daging masih terasa alot atau tidak empuk. Masalah yang terjadi biasanya saat memasak daging kambing atau daging sapi. Tapi, tidak menutup kemungkinan, daging ayam pun bisa jadi keras dan alot jika tehnik memasak yang digunakan salah. Ini lah yang menjadi satu kendala tersendiri karena biasanya kalau sudah begini, para ibu-ibu yang suka memasak jadi malas untuk memasak daging.

memasak daging supaya tidak alot

Bagi para ibu-ibu atau Anda yang ingin memsak daging, coba ikuti beberapa tips memasak daging supaya tidak alot ini yang mudah-mudah bisa menjadi acuan dan latihan bagi Anda.

Suhu Daging

Untuk memasak daging supaya tidak alot, sebaiknya Anda tidak menggunakan daging yang dingin atau beku. Sebelum memasak, ada baiknya daging tersebut dalam keadaan suhu yang hangat (pas) dan keadaan daging yang lunak. Jika Anda memasak daging saat daging tersebut masih keadaan beku dan dingin, maka hasilnya akan cenderung keras dan alot.

Belah Daging Melebar

Saat Anda membelah daging, potonglah daging tersebut secara melebar dengan mengikuti alur atau serat dari daging tersebut. Anda bisa memotong daging kecil-kecil, namun jangan terlalu tebal juga karena nanti takutnya daging tersebut akan sulit dikunyah. Selain itu, potongan ketebalan daging dapat berpengaruh juga pada saat dimasak. Ketebalan dari daging inilah yang biasanya si daging tersebut akan mengalami penyusutan dan padat.

Lunakkan daging dengan nanas

Untuk melunakkan daging, Anda bisa menggunakan nanas yang sudah diparut atau dengan dilumatkan. Bubuhkan nanas tersebut pada daging selama lebih kurang 10 hingga 20 menit. Dengan membubuhkan nanas pada daging, bisa membuat daging lebih lunak saat Anda memsaknya. Sebelum Anda memsaka daging tersebut, ada baiknya untuk mencuci terlebih dahulu, agar cita rasa yang terkandung di dalam daging tidak berubah.

Rebus daging dalam air mendidih

Untuk menghasilkan daging yang tidak alot dan keras saat dimasak, Anda bisa merebus daging tersebut dalam air yang mendidih. Selain menghasilkan daging yang lunak, daging tersebut akan menyerap bumbu dan cita rasa yang dihasilkan akan lembut dan gurih.

Semoga dengan sedikit tips ini bisa bermanfaat bagi Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi bagaimana memasak daging supaya tidak alot. Selamat mencoba.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...