Kuliner / Lain-lain / Apel Tetap Putih Ketika Dikupas

Apel Tetap Putih Ketika Dikupas

apelApel Tetap Putih Ketika Dikupas – Tidak dipungkiri bahwa ketika Anda mengupas apel, tentu warna apel Anda akan berubah menjadi warna coklat dan membuatnya tidak menarik. Kini melalui sebuah rekayasa genetika apel tetap putih ketika dikupas.

Rekayasa yang diberi nama non browsing ini merupakan sebuah rekayasa genetika baru dari buah apel yang tidak lama lagi akan disetujui oleh pihak USDA. Walaupun demikian, banyak para petani konvensional yang menganggap bahwa dengan adanya rekayasa ini membuat apel kehilangan citra murninya.

Karena memang pada saat apel terkena oksigen, maka membuat warnanya berubah menjadi kecoklatan. Sehingga membuat apel menjaid tidak menarik untuk dikonsumsi. Alhasil di beberapa restoran cepat saji, apel yang dijual diberi bahan kimia antioksidan untuk mengatasi permasalahan ini.

Untuk diketahui bahwa di tahun 2010 saja, sebuah perusahaan bioteknologi Okanagan Speciality Fruits yang ada di Kanada mengharapkan agar USDA memberikan persetujuan terhadap rekayasa genetika agar apel tidak memberi warna coklat pada saat diiris.

Kabar baiknya adalah dalam waktu dekat ini, USDA menyetujui adanya rekayasa apel ini. Walaupun demikian, pihak USDA tetap memberikan kesempatan kepada publik untuk dapat mengkritisi keputusan ini sebelum pada akhirnya disahkan.

Apabila nantinya apel yang memiliki nama ‘Arctic” ini disetujui, maka di took-toko buah tidak akan diberi label GMO. Namun para petani apel menhkhawatirkan jika produk ini dapat mencemari apel yang selama ini dikenal sebagai buah yang sehat dan alami.

Namun seperti yang dikutip dari Mnn (13/01/2014), pihak Christian Schlect, yang menjabat sebagai Presiden Dewan Hortikultura Northwest, mengaku khawatir dengan adanya masalah ini terlebih lagi dalam proses pemasarannya.

Memang pada mulanya, USDA mengungkapkan bahwa apel yang memiliki label GMO ini tidak lebih berbahaya jika dibandingkan dengan apel konvensional. Namun pada saat apel Arctic sudah mulai popular, kemungkinan besar diberi label GMO.

Sehingga jenis ini snagat umum ditemukan di took-toko buah, sehingga jika ada label yang membedakannya, maka para konsumen dapat dengan leluasa untuk memilihnya. Kini untuk memberitahu bahw aproduk tersebut masih segar atau genetika dapat dilihat dari strikernya.

Untuk stiker dengan kode empat digit adalah produk non GMO. Sedangkan untuk striker yang diawali dengan lima digit dengan angka awal 8 ini adalah produk genetika.Sehingga jika nantinya apel transgenic telah disetujui, maka perlu adanya kewaspadaaan untuk para konsumen yang tidak ingin mengkonsumsi apel GMO.

Penulis: cempluk17

Foto Profil dari cempluk17

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...