Kuliner / Tempat Makan / Kepala Ikan Manyung Semarang

Kepala Ikan Manyung Semarang

kepala ikan manyungKepala Ikan Manyung Semarang – Bagi Anda yag tinggal di Kota Semarang mungkin sudah familiar Kepala Ikan Manyung yang diracik oleh Pak Suyoso. Rasanya yang pedas dan nikmat ini disuguhkan tepatnya di Rumah Makan Bu Fat di Jalan Ariloka Raya, Krobokan, Semarang.

Para pelanggan akan meramaikan rumah makan ini sekitar pukul 9 pagi sampai 9 malam. Menu yang menjadi pilihan utamanya adalah Kepala Ikan Manyung yang memiliki rasa super pedas. Dikarenakan jumlah porsinya cukup besar, maka Anda disarankan untuk menikmati kepala ikan manyung ini beramai-ramai.

Sebagai informasi bahwa ikan manyung ini merupakan sejenis ikan laut yang diolah menjadi ikan asin. Namun pada umumnya kepala ikan manyung dijual terpisah dan harganya pun relating lebih murah. Walaupun demikian kepala ikan manyung yang sudah dioleh oleh Suyoso beserta istrinya ini berubah menjadi masakan dengan citarasa tinggi.

Resep masaka kepala ikan manyung ini sebenarnya merupakan resep istimewa yang berasal dari almarhumah istri Suyoso. Dimana kunci memasak kepala ikan manung biar enak ini berada di bumbu, santan, rempah-rempah yang digunakan serta rasa pedas.

Walaupun masakan kepala ikan manyung ini berkuah, namun Suyoso memiliki teknik tersendiri ketika mengolah santannya. Bahkan ia sendiri yang turun tangan hanya untuk memperoleh santan yang istimewa.

Sampai saat ini keberadaan dari Rumah Makan Bu Fat sudah terkenal di berbagai daerah. Hal ini terbukti para pelanggannya yang datang atau kebetulan sedang di Semarang, tidak lupa untuk selalu singgah hanya untuk menikmati masakan kepala ikan manyung ini.

Bahkan dari keterangan Suyoso didapatkan bahwa diantara para pelanggannya banyak juga yang berasal dari para pejabat yang berdinas di Kota Semarang. Tidak jarang ada juga beberapa tamu yang dating dari Jakarta sengaja membeli sebagai buah tangan.

Pria yang sudah berusia hampir 77 tahun ini, ternyata juga pernah menjamu  Pak Presiden di Istana Negara. Memang sebelum dinyatakan lolos dari tahapan tes, ada beberapa persyaratan seperti rasanya harus enak dan juga kebersihannya dijaga.

Suyoso sendiri mendirikan warungnya ini sudah sejak tahun 90an. Dimana memang sejak tahun 60an ia bersama istrinya sudah membuka usaha kecil-kecilan. Hingga di tahun 90an tersebut masakan kepala ikan manyung dari warungnya menjadi masakan andalan yang sampai saat ini tersohor keenakannya.

 

Penulis: cempluk17

Foto Profil dari cempluk17

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...