Kuliner / Lain-lain / Makanan yang Perlu Dikonsumsi Wanita Ketika Umur Bertambah

Makanan yang Perlu Dikonsumsi Wanita Ketika Umur Bertambah

Daging tanpa lemakMakanan yang perlu dikonsumsi wanita ketika umur bertambah – Tidak dipungkiri memang semakin bertambah usia tentu wanita memerlukan beberapa asupan nutrisi. Hal ini tidak lain dikarenakan untuk menjaga agar tubuh tetap optimal setelah melewati fase menstruasi, hamil sampai menopause, sehingga ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi wanita ketika umur bertambah.

Karena tentunya semua fase tersebut dapat membuat kinerja sel dan hormone menjadi turun. Tidak hanya memilih makanan yang sehat saja, karena wanita juga sangat memerlukan vitamin serta nutrisi yang disesuaikan dengan usianya. Dibawah ini ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi wanita ketika umur bertambah adalah:

1. Ketika umur 20 tahun: konsumsilah daging sapi yang tidak berlemak

Hal ini dianjurkan karena daging sapi tanpa lemak memiliki zat besi dengan setiap 100 g terkandung 3 miligram zat besi. Dimana fungsi zat besi ini tidak lain bertujuan untuk mengirimkan oksigen yang berasal dari paru-paru untuk didistribusikan ke seluruh tubuh.

Wanita butuh asupan zat besi setiap harinya sebesar 18 mg dan ketika hamil sebesar 27 mg/hari. Sedangkan untuk penyerapannya, dapat dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang mengandung vitamin c yang cukup.

2. Ketika berumur 30 tahun: konsumsilah kacang

Kacang memiliki kandungan folat, yang saat dibutuhkan ketika wanita belum ataupun ketika hamil dengan tujuan untuk mencegah terjadinya cacat lahir. Setiap 177 gram kacang memiliki kandungan 200-300 micrograms. Tidak hanya kacang saja yang memiliki kandungan folat tinggi, yaitu bayam dan buah citrus. Bagi Anda yang sedang hamil konsumsilah folat sebesar 600 mcg/hari, sedangkan untuk yang sedang merencanakan kehamilan sebaiknya konsumsi sebesar 400 mcg/hari.

3. Ketika berumur 40 tahun: sebaiknya mengkonsumsi Whole grain

Whole grain atau dikenal dengan bijian utuh dapat membantu untuk mengntrol tekanan darah tinggi dan juga membantu system metabolism yang mulai melambat ketika memasuki usia 40 tahun. Fungsi shole grain sendiri adalah untuk menambah asupan serat, membantu menyimpan asupan potasium,  serta mencegah kenaikan berat badan Anda.

4. Ketika memasuki usia 50 tahun keatas: konsumsilah Yogurt rendah lemak

Sebagaimana yang diketahui bahwa Yogurt ini memiliki kalsium yang cukup tinggi yaitu 400 miligram per 240 ml. Kalsium ini dapat membantu memperlambat pengeroposan tulang. Dimana wanita ketika usia diatas 30 tahun sel yang digunakan untuk membangun tulang lebih lambat dikarenakan penurunan esterogen. Ketika usia tersebut wanita butuh 1.000 – 1.200 mg/ hari.

Semoga dengan mengetahui makanan yang perlu dikonsumsi wanita ketika umur bertambah diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Penulis: cempluk17

Foto Profil dari cempluk17

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...