Kuliner / Khas Daerah / Rumah Sumsum

Rumah Sumsum

rumah sumsumRumah Sumsum – Pada musim penghujan seperti saat ini sangat enak ketika Anda menyantap makanan yang gurih dan juga hangat. Nah untuk referensi Anda semangkuk sup sumsum panas dapat Anda jadikan obat ketika dingin melanda.

Dengan memiliki kuah bening disertai dengan potongan tulang sapi utuh, Anda tinggal menyedot isi dari tulang sumsum tersebut. Jika anda tertarik untuk menyantap semangkup sup sumsum hangat  letaknya di kota hujan tepatnya di jalan Batutulis yang menuju kea rah istana.

Pada saat jam-jam makan, rumah sumsum ini selalu dipadati dengan pengunjung terlebih lagi jika diiringi dengan hujan. Untuk semangkuk sup sumsum dijual dengan harga Rp. 28.000, sedangkan untuk menu yang lainnya disediakan bakso sumsum, sate sumsum bumbu kecap, nasi bakar sumsum, nasi goring sumsum dan semua hidangan yang memiliki cirri khas dengan sumsum.

Memang jika dilihat secara sepintas,sup sumsum ini hampir sama dengan Kaledo, sup sumsum yang berasal dari Palu, Sulawesi Tengah. Untuk satu sup mangkuk sumsum diisi dengan kuah sepotong kaki sai dengan kuah bening yang dilengkapi dengan potongan daun bawang, wortel serta tomat.

Kaldu sapi tercium menyengat dari kuah sumsumnya. Untuk dapat menyedot sumsumnya, biasanya di dalam mangkuk disediakan sedotan. Untuk diketahui bahwa sumsum adalah bagian lunak yang berada di rongga dari tulang sapi.

Namun sayang,sumsum ini dicurigai memiliki nilai kolesterol yang cukup tinggi namun memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi. Ketika Anda menyedot sumsum, ada butiran lembut dari sumsum mengalir di sedotan Anda.

Untuk bakso sumsunya, hampir sama dengan bakso sapi. Yang membedakan adalah dibagian tengahnya diberi potongan sumsum. Ketika Anda memotong baksonya cukup empuk dibagian dalam ditemukan warna coklat kemerahan yang diberi sedikit potongan sumsum lunak.

Sedangkan untuk sate sumsumnya ada dua macam, yaitu yang berbumbu kecap dan ada pula yang berbumbu kacang. Untuk tampilan sate sumsum  bumbu  kecap, dialasi dengan daun pisang diirisi dengan bawang merah, irisan cabai, serta potonga jeruk limau agar tidak berbau amis.

Dimana untuk potongan sumsum rebusnya memiliki warna putih susu ditusuk seperti tusuk sate. Rasanya gurih dan empuk ditambah dengan cocolan kecap manis menjadikan sate sumsum kecap ini memiliki rasa gurih manis pedas. Apabila Anda tertarik untuk mencicipinya, datanglah ke rumah sumsum yang beralamatkan di :

Rumah Sumsum
Jl. Lawang Gintung No. 21

 

Penulis: cempluk17

Foto Profil dari cempluk17

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...