Kuliner / Lain-lain / Tips Membeli Sayuran

Tips Membeli Sayuran

tomatTips Membeli Sayuran – Tidak dipungkiri memang pada musim penghujan seperti sekarang ini, harga-harga sayuran cukup tinggi. Sehingga ketika Anda akan membeli sayuran ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Nah dibawah ini ada beberapa tips membeli sayuran, seperti yang dikutip dari Ifood (04/02/2013) :

1. Wortel
Ketika Anda membeli wortel cobalah untuk memeriksa teksturnya dengan memegang fisiknya. Apabila wortel tersebut memiliki warna tidak segar, mudah dibengkokkan dan lembek, maka dipastikan wortel tersebuit tidak fresh. Sebaiknya pilih yang warnanya terang serta tidak memiliki akar kecil. Apabila wortel yang Anda beli masih ada daunnya, Anda dapat memanfaatkannya menjadi sup.

2. Tomat
Sebaiknya cari tomat yang memiliki warna cerah tanpa adanya semburat kehijauan. Karena jika warnanya masih hijau, maka tomat tersebut belum matang. Cobalah memegang permukaan tomat dan pilih tomat yang memiliki bentuk padat dan empuk.

3. Sayuran hijau
Untuk sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, sebaiknya Anda periksa kesegarannya. Hindari beberapa sayuran yang berwarna kuning dan daunnya sudah kecoklatan. Apabila dijumpai lubang di permukaan daun, hal ini wajar adanya. Namun jangan sampai ada lubang besar di daunnya.

4. Brokoli
Untuk Brokoli segar, Anda dapat mengeceknya dengan menekan apakah batangnya kokoh dan bunga kecilnya memiliki susunan yang padat. Hindarilah tunas brokoli yang berwarna kuning.

5. Kentang
Memang ada banyak sekali varietas dari kentang, sehingga ada kalanya Anda bingung ketika memilihnya. Namun kentang yang bagus memiliki bentuk padat dan tidak berbintik. Hindarilah memilih kentang yang memiliki semburat hijau atau sudah ada tunasnya.

6. Apel
Ketika membeli apel periksalah warna, kesegaran dan juga kelembutannya. Hindari kulit apel yang memiliki sinar terang, karena kemungkinan besar apel tersebut dilapisi dengan lilin, apel jangan memiliki kulit keriput, berbintik dan memar.

7. Pisang
Untuk pisang periksalah warna dan juga teksturnya untuk kualitas yang terbaik. Jika pisang memiliki warna pucat, sepertinya belum matang. Untuk pisang yang lembek, itu menandakan terlalu matang. Sebaiknya pilih pisang yang padat, warnanya cerah, dan sedikit memiliki kurva.

Demikian tips membeli sayuran, semoga bermanfaat untuk Anda.

Penulis: cempluk17

Foto Profil dari cempluk17

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...