Kuliner / Jajanan / Kulfi, Es Krim Khas India Dengan Sensasi Berbeda

Kulfi, Es Krim Khas India Dengan Sensasi Berbeda

Es krim, cemilan yang satu ini memang memiliki daya tarik sendiri bagi saya. Kombinasi rasa manis, dingin, lembut, dan tak ketinggalan pula sensasi toping yang beraneka ragam membuat es krim menjadi sebuah anugerah tersendiri. Saya yakin kita semua pasti dengan opini agak berlebihan barusan bukan?

Bicara mengenai es krim, saya akan memeperkenalkan salah satu jenis es krim yang baru saja saya coba akhir-akhir ini yaitu es krim Kulfi. Ada yang pernah mencoba es krim yang satu ini?

Yap, Kulfi merupakan sebuah es krim khas India yang memiliki tekstur yang khas. Es krim ini sendiri telah lama eksis di negara dengan penduduk paling kedua di dunia tersebut. Selain terkenal di India, Kulfi juga dapat kita temui di negara Pakistan, Bangladesh, Nepal, hingga Myanmar.

Pista Kulfi

Terbuat dari perpaduan susu evaporasi(susu yang 50% kadar airnya telah dihilangkan) kemudian direbus dengan tambahan susu kental manis membuat es krimKulfi memiliki tekstur yang lebih keras dari es krim pada umumnya namun tetap lembut didalam. Dengan tambahan toping pistachios(salah satu jenis kacang yang terkenal di daerah timur tengah) membuat rasa es krim tersebut makin mantap.

Jujur saya tak percaya saat pertama kali tahu bahwa bahan dari Kulfi ini hanyalah susu dengan tambahan kacang yang namanya cukup sulit dieja tersebut. Karena bagi saya pasti ada bumbu rahasia lain yang ditambahkan.

Rahasianya ternyata terletak dari cara pembuatannya yang berbeda dari es krim yang sering kita jumpai.  Jika pada umumnya adanon es krim selalu dikocok sebelum dibekukan, namun tidak dengn Kulfi. Hal tersebut yang membuat tekstur luar es krim tradisional kahs India tersebut lebih keras dan lebih susah mencair disbanding es krim lainnya.

Nah jika kalian tertarik untuk mencobanya, langkah awal yang diperlukan untuk membuat Kelfi ini tergolong simple.

Cukup rebus susu evaporasi (dapat diganti dengan susu full cream) selama 30 hingga 45 menit dengan api kecil sebgai langkah awal. Masukkan susu kental manis secara perlahan selama proses tersebut, dan dapat ditambahkan gula bila perlu. Aduk secara perlahan agak tidak terjadi penggumpalan di dasar adonan tersebut.

Adonan Es Krim Kulfi

Setalah 45 menit, campurkan kacang pistachio(atau kacang apapun asal dihancurkan kasar) dan biarkan adonan tersebut dingin hingga mencapai suhu ruangan. Setelah itu tuangkan dalam cetakan dan taruh ke dalam freezer hingga membeku. Dan es krim Kulfi pun siap untuk dinikmati.

 

Penulis: Ekky F. Wibowo

Foto Profil dari Ekky F. Wibowo
Penikmat dunia sepak bola dari berbagai sisi dan sudut pandang, meski ga jago maen bola ^_^

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...