Kuliner / Jajanan / White Chocolate, Varian Cokelat Tanpa Kandungan Biji Cokelat

White Chocolate, Varian Cokelat Tanpa Kandungan Biji Cokelat

Cokelat, sebuah makanan ringan yang satu ini memang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Dengan rasanya yang manis(yah meski terkadang terdapt juga jenis coklat yang pahit) dan juga lembut tak heran jika banyak kalangan yang menggemarinya.

Disamping menjadi cemilan , cokelat juga menjadi bahan dasar untuk beraneka jenis dessert di berbagai restoran di seluruh penjuru dunia. Di tangan para chef handal, cokelat dapat disulap menjadi hidangan nikmat dengan harga yang selangit.

White Chocolate BlogEkstra 4

 

Nah, cokelat juga memiliki sodara yang tak kalah legitnya lho. Yap, kalian benar! White Chocolate atau yang biasa kita kenal dengan cokelat putih adalah makanan ringan yang tak kalah nikmatnya dengan cokelat pada umumnya.

Cokelat putih merupakan varian paling unik variasi cokelat lainnya. Dengan teksturnya yang lembut, serta rasa susunya yang sangat terasa membuat cokelat putih ini juga memiliki penggemar yang tak sedikit.

Ada yang tahu kenapa rasa cokelat putih terasa begitu unik?

White Chocolate BlogEkstra 5

 

Rahasianya terdapat dari bahan dasar cemilan yang satu ini. Berbahan dasar lemak nabati yang didapat dari proses pelelehan biji cacao ini, kemudian diproses hingga menjadi mentega cocoa(bedakan ya cocoa dan cacao). Mentega cocoa ini kemudian nantinya dicampur dengan susu dan gula pasir. Nah komposisi susu inilah yang membuat rasa coklat putih ini begitu milky.

 

Sosok brilian yang pertama kali menemukan ramuan coklat putih ini adalah Hebert Candies. Pria asal Amerika ini pertama kali memperkenalkan White Chocolate ini pada tahun 1956. Namun baru sekitar tahun 80-an cokelat putih ini booming di tanah Paman Sam tersebut. Diawali dengan munculnya Nestl√©’s Alpine White Chocolate Bar di pasaran pada era tersebut, cokelat putih pun mulai menyebar hingga di daratan eropa dan mencapai ranah benua asia.

White Chocolate BlogEkstra 1

Di Amerika sendiri ada peraturan yang mengatur standar cokelat putih lho. Sejak tahun 2004, coklat putih di negeri yang dipimpin Barrack Obama tersebut harus memiliki  komposisi minimal 20% cocoa butter, 14% susu, dan lemak susu 3,5%. Selain itu dalam White Chocolate yang diproduksi di negara tersebut tidak boleh memiliki kadar gula lebih dari 55%. Beberapa negara di eropa juga menetapkan standar yang sama seperti yang diberlakukan di Amerika tersebut.

Penulis: Ekky F. Wibowo

Foto Profil dari Ekky F. Wibowo
Penikmat dunia sepak bola dari berbagai sisi dan sudut pandang, meski ga jago maen bola ^_^

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...