Kuliner / Khas Daerah / Docang, Cocok Untuk Sarapan Sehat

Docang, Cocok Untuk Sarapan Sehat

docang

Berbicara tentang kuliner nusantara memang tidak ada habisnya. Tidak dapat dipungkiri, Indonesia memiliki beragam kuliner khas dengan keunikannya masing-masing. Satu lagi kuliner nusantara yang unik dengan nama dan sejarahnya yang unik. Docang. Kuliner yang satu ini berasal dari kota Cirebon, Jawa Barat. Docang yang berbahan dasar sayuran yang disiram dengan kuah kaldu ini sangat cocok disantap sebagai menu sarapan. Dengan bahan dasar yang sama sekali tidak menggunakan daging dan lemak jeroan, docang dapat dikatakan kuliner sehat.

Mengapa dinamakan docang? Kata docang sendiri awalnya adalah sebuah singkatan dari kacang dibodo atau dibacem. Yang dimaksud dengan ‘kacang dibodo’ ini adalah tempe oncom atau dage. Sejarah dari kuliner ini pun tidak kalah unik. Berawal dari zaman dimana para wali menyebarkan agama Islam di Indonesia. Ketika para wali masuk ke pelosok tanah Jawa khususnya Cirebon untuk menyebarkan agam Islam, munculah Pangeran Rengganis yang memiliki niat buruk untuk membunuh para wali dengan docang. Pangeran Rengganis inilah yang pertama kali membuat docang. Setelah Pangeran Rengganis membuat docang, lalu dia menyediakannya di tengah para wali yang sedang berkumpul di Masjid Sang Cipta Rasa, Keraton Kasepuhan Cirebon. Kemudian, para wali menyantap docang yang disediakan. Anehnya setelah para wali menyantap docang itu, bukannya para wali mati, mereka malah ketagihan untuk menyantap docang tersebut.

Untuk membuat kuliner yang satu ini relatif mudah. Bahan yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • Sayur-sayuran seperti daun singkong, tauge, dan kangkung. Bisa ditambahkan sayuran lain sesuai selera.
  • Oncom yang dihaluskan
  • Untuk bahan kuah siapkan kaldu, daun salam, serai, dan jahe.
  • Untuk bumbu halus sediakan ketumbar, bawang merah, bawang putih dan garam.
  • Sediakan lontong atau ketupat, kerupuk, bawang goreng, dan kelapa parut sebagai pelengkap.

Pertama, petik daun singkong dan kangkung lalu rebus bersama tauge sampai layu lalu tiriskan. Kemudian tumis bumbu halus hingga wangi. Setelah itu, rebus kaldu, oncom, daun salam, serai, dan jahe bersama dengan bumbu halus. Setelah semuanya sudah tercampur, susun dalam mangkok, irisan lontong atau ketupat, sayuran yang sudah direbus, dan parutan kelapa. Lalu, siram dengan kuah yang sudah disiapkan, kemudian beri tabursan kerupuk dan bawang goreng. Bagi anda yang suka pedas, bisa ditambahkan dengan sambal terasi. Hidangkan selagi hangat.

Kuliner ini tidak setenar empal gentong dan nasi jamblang yang juga berasal dari kota Cirebon, sehingga kuliner ini agak susah ditemukan. Tapi, bagi anda yang ingin mencicipi docang, anda masih bisa menemukannya di Jalan Siliwangi dekat Stasiun Kejaksan Cirebon dan di sekitar alun-alun Kasepuhan Cirebon. Selamat mencoba.

Penulis: Ilham Zakariya

Foto Profil dari Ilham Zakariya

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...