Kuliner / Khas Daerah / Empal Gentong Khas Kota Cirebon

Empal Gentong Khas Kota Cirebon

Gambar Empal Gentong CirebonEmpal Gentong, mungkin nama masakan ini terdengar asing di telinga kita, makanan khas Kota Udang ini memang belum dikenal masyarakat luas. Walaupun begitu, empal gentong ini banyak digemari oleh masyarakat yang berada di daerah Jawa Barat. Empal gentong ini berasal dari Desa Battembat, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon. Makanan yang mirip gulai/gule ini berbahan dasar daging sapi, usus, limpa, dan babat yang direbus di dalam gentong (periuk tanah liat) dan dicampur dengan bumbu halus berbahan dasar bawang putih, bawang merah, kunyit, merica, kemiri, garam dan ketumbar. Tidak diketahui pasti sejak kapan makanan ini ada, tapi sejak tahun 1948 sudah ada penjual empal gentong keliling yang bernama Mang Darma.

Untuk membuat makanan khas Cirebon ini tidaklah susah dan bahan-bahannya oun mudah diperoleh. Pertama, daging sapi, usus, limpa dan babat direbus di dalam gentong hingga empuk. Kemudian pisahkan daging dengan kaldunya, campurkan kaldu dengan santan dan potong daging menjadi kecil dan tipis. Lalu  tumis bumbu halus hingga wangi, dan tambahkan serai dan daun salam untuk menambah aroma. Kemudian, bumbu halus yang telah ditumis tersebut dimasukkan ke dalam gentong yang berisi kaldu dan santan, lalu didihkan. Selanjutnya, masukkan potongan daging dan jeroan ke dalam gentong yang berisi kaldu, masak sampai bumbu meresap. Setelah dirasa bumbu sudah meresap, sajikan empal gentong di dalam mangkok dengan nasi atau lontong. Lalu taburi dengan bawang goreng dan kucai. Bagi anda yang suka pedas, bisa ditambahkan cabai kering giling.

Saat ini, sudah banyak warung atau tempat makan yang khusus menyajikan empal gentong. Khusunya di kawasan Tengah Tani atau Plered di Cirebon, bahkan di luar Kota Cirebon sudah ada yang menyediakan menu empal gentong. Seperti di Jakarta, Empal Gentong Mang Darma dapat ditemukan di daerah Bintaro.

Kuliner nusantara yang satu ini memang memiliki banyak keunikan. Seperti proses memasaknya yang bisa dikatakan berbeda, daging sapi dan bumbu halus yang dimasak di dalam sebuah gentong. Oleh karena itulah kuliner ini dinamakan empal gentong. Keunikan lainnya yaitu penyajiannya, empal gentong disajikan dengan taburan bawang goreng dan kucai. Kucai sendiri dipakai sebagai penyedap dalam kuliner ini. Bagi para pecinta kuliner nusantara, kuliner khas Cirebon ini patut dicoba. Cita rasa yang diberikan dijamin membuat anda ketagihan.

Penulis: Ilham Zakariya

Foto Profil dari Ilham Zakariya

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...