Kuliner / Khas Daerah / Aneka Makanan Khas Bali

Aneka Makanan Khas Bali

Sebagai kota wisata, Bali tidak hanya menyajikan keelokan panorama pantai dan budaya yang memukau. Akan tetapi terdapat aneka makanan khas Bali yang akan menambah nuansa berwisata menjadi lebih lengkap.

Seperti halnya di daerah lain, sebenarnya Bali memiliki banyak makanan khas. Namun, hanya beberapa makanan khas pulau Dewata yang paling terkenal tidak hanya bagi wisatawan lokal tetapi juga bagi wisatawan asing. Hal inilah yang menambah nuansa wisata ke bali menjadi lebih lengkap dengan aneka makanan khasnya.

Adapun aneka makanan khas Bali diantaranya:

Ayam Betutu

1. Ayam Betutu

Ayam betutu merupakan salah satu makanan paling terkenal di Bali. Hadir sebagai sajian pelengkap atau lauk, menu ayam ini merupakan sajian yang banyak ditemukan di Bali. Tidak hanya untuk acara adat, Ayam betutu juga hadir di warung-warung tempat jualan makanan. Sehingg wajar jika menu yang satu ini cukup terkenal baik dari penduduk setempat maupun turis.

Serombotan Bali

2. Serombotan

Serombotan merupakan sajian khas Bali yang berupa sayuran. Terdiri dari kubis, toge dan sayur lainnya yang dimasak setengah matang. Kemudian sehingga menghadirkan cita rasa tersendiri bagi menu yang satu ini. Seperti halnya Ayam Betutu, Serombotan merupakan makanan khas Bali yang cocok untuk dinikmati kala berwisata ke pulau Dewata ini.

nasi jinggo

3. Nasi Jenggo

Nasi Jenggo atau yang lebih dikenal dengan Nasi Jinggo merupakan salah satu andalan nasi jalanan pulau Bali. Sajian nasi ini hampir sama dengan Nasi Kucing, cuma biasanya nasi Jenggo ditambahkan lauk seperti telur, tahu atau bahkan tempe. Untuk harga, Nasi Jenggo tidak jauh berbeda dengan nasi kucing yakni sekitar seribu hingga lima ribu rupiah.

sate susu

4. Sate Susu

Sate Susu merupakan salah satu sajian sate yang berbeda dengan biasanya. Sate ini biasanya muncul pada saat bulan Ramadhan atau bulan puasa. Adapun sate susu ini merupakan hasil paduan masakan Jawa dan Bali. Sehingga sangat terasa keunikan dan kekhasan aroma dan citarasa sate ini.

Jaja Bali

5. Jaja Bali

Jaja merupakan salah satu kue basah khas Bali. Seperti halnya lidah orang Bali yang menyukai rasa pedas dan manis, maka Jaja Bali juga menampilkan rasa manis pada kue yang satu ini.

Selain makanan khas tersbeut, tentunya masih banyak lagi makanan khas bali yang bisa dinikmati di pulau Dewata ini. Seperti halnya Timbunan, Brengkes dan sebagainya. Penasaran? Makanya, jangan lupa kalau berwisata ke bali untuk mencicipi makanan khas tersebut.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...