Kuliner / Khas Daerah / Aneka makanan Khas Solo

Aneka makanan Khas Solo

Tidak hanya terkenal sebagai dengan Keratonnya, Solo juga cukup dikenal dengan menu kuliner yang yang sangat lezat. Kuliner-kuliner tersebut tentunya menjadi ciri khas dan sajian khas yang banyak diminati. Tidak hanya bagi wisatawan lokal tetapi juga dari wisatawan asing yang ingin menikmati keindahan kota Solo. Sehingga adanya kuliner tersebut menambah daya tarik Solo sebagai kota yang cukup banyak dikunjungi para wisatawan asing maupun lokal.

Berikut beberapa makanan khas Solo yang perlu diketahui:

SONY DSC

1. Cabuk Rambak

Makanan ini merupakan kuliner khas yang banyak di jual di Solo. Biasanya kuliner ini dijajakan keliling kampung. Tidak hanya itu, makanan ini juga biasanya menjadi sajian khas pada acara perayaan Sekaten. Adapun makanan ini menu utamanya adalah ketupat yang disebut Gendar jamur. Nama gendar Jamur sendiri diambil dari cara memasaknya yang menggunakan janur atau daun kelapa. Salah satu yang menjadi pembeda dengan menu ketupat di daerah lain yaitu, Cabuk Rambak ini bumbunya yang menggunakan Wijen yang digoreng bersama santan kelapa bawang putih, kemiri dan beberapa bumbu lainnya. Untuk menambah keleatan menikmati Cabuk Rambak ini biasanya disantap bersama Karak, kerupuk yang menggunakan bahan dasar beras.

tengkleng solo

2. Tengkleng

Tengkleng merupakan salah satu kuliner semacam gulai kambing. Bahan dasarnya juga terdiri dari tulang kambing yang masih tersisa sedikit daging yang menempel. Tentunya juga ditemani dengan sate, usus dan lainnya. Bedanya, masakan ini tidak dimasak dengan menggunakan santan seperti gulai biasanya.

sate kere

3. Sate Kere

Dari namanya mungkin banyak orang makanan ini disajikan dari daging yang ditusuk kemudian dibakar. Akan tetapi sebernanya sate kere berbeda dengan sate biasanya. Bahan dasarnya bukanlah daging seperti sate pada umumnya, melainkan dari tempe gembus atau tempe yang terbuat dari ampas tahu yang diberi bumbu khas sebelum dibakar.

nasi liwet solo

4. Nasi Liwet

Nasi Liwet merupakan salah satu makanan khas Solo yang cukup terkenal. Nasi ini sedikit berbeda dengan sajian nasi biasanya. Baik dari segi rasa dan cara memasaknya. Nasi Liwet ini dimasak dengan kaldu ayam sehingga aroma dan rasanya jauh berbeda dan tentunya lebih nikmat dan lezat.

Itulah beberapa masakan khas Solo yang tentunya memiliki citarasa dan aroma yang berbeda. Tentunya kuliner khas inilah yang akan menambah daya tarik wisatawan di Solo. Jadi, bagi yang tengah menikmati kota Solo akan sangat lengkap jika bisa merasakan makanan khas Solo ini.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...