Kuliner / Khas Daerah / Kopi Cethe Tulungagung, Sensasi Membatik Rokok Dengan Kopi

Kopi Cethe Tulungagung, Sensasi Membatik Rokok Dengan Kopi

Bagi beberapa orang, kata Kopi Cethe masih terasa sangat asing ditelinga. Namun, bagi warga Tulungagung, kopi Cethe merupakan ciri khas kebanggaan yang mungkin hanya terdapat salah satu kabupaten di Jawa Timur ini. Sebenarnya yang menjadi daya tarik terbesar berasal dari seni batik rokoknya. Seni membatik rokok dari sebuah kopi, sehingga menghasilkan aroma citarasa yang khas.

Kopi Cethe

Mengenai istilah kopi cethe sendiri berasal dari dua kata yakni kopi dan cethe. Untuk Kopi tampaknya bukanlah hidangan asing di dunia ini. Tidak hanya di Indonesia bahkan di belahan dunia pun cukup banyak penikmat minuman yang kaya akan kandungan kafein ini. Untuk  istilah Cethe, kemungkinan masih banyak yang merasa asing. Cethe merupakan bahasa lain dari ampas kopi. Sedangkan “Nyethe” merupakan aktivitas menggambarkan sesuatu (mengoles) rokok dengan ampas kopi. Kegiatan ini paling banyak ditemukan di daerah Tulungagung. Bahkan sudah menjadi kekayaan tersendiri bagi kabupaten yang terkenal dengan marmernya.

Istilah Kopi Cethe seolah menjadi daya tari tersendiri di wilayah Tulungagung. Terdapat beberapa warung yang menyediakan kopi beserta para pengrajin. Biasanya pengunjung bisa meminta tolong untuk dibatik rokoknya sesuai dengan selera keinginan. Namun, tidak sedikit juga pengunjung yang membatik sendiri rokoknya dengan kopi. Tinggal memilih, apakah akan dibatik dengan ampas kopi bubuk biasa dengan warna khasnya coklat kehitaman atau kopi bubuk hijau. Kopi bubuk hijau lebih dikenal dengan sebutan kopi ijo. Kopi ijo ini merupakan kopi khas olahan dari warung tersebut. Biasanya kopi ijo ini memiliki ciri khas tersendiri setiap warung kopi.

Jadi nantinya penikmat kopi cethe ini akan disajikan dua sensasi, yaitu dari minum kopi, serta rokok yang sudah dibatik. Perlu diketahui, rokok yang sudah dibatik atau dicethe memiliki aroma yang berbeda dari biasanya. Untuk meningkatkan aroma dan kenikmatan, biasanya ketika dicethe disisipkan susu. Sehingga aromanyabegitu berbeda dan menggoda.

Bagaimana? Penasaran dengan Kopi Cethe khas Tulungagung? Cukup datang saja ke warung kopi di kabupaten yang berbatasan dengan Blitar dan Kediri ini. Nikmati sensasi membatik rokok dengan kopi serta aroma khas dari setiap hisapan rokok yang mengundang selera.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...