Kuliner / Resep / Resep dan Cara Membuat Bakso Bakar Spesial

Resep dan Cara Membuat Bakso Bakar Spesial

Bakso merupakan makanan khas yang mudah ditemukan di Indonesia. Hampir setiap daerah menjual makanan yang berbentuk bulat dan berisi daging ini. Bahkan hingga saat ini, banyak aneka variasi bakso yang sudah mulai menjamur di Indonesia, salah satunya adalah Bakso Bakar Spesial.

bakso bakar spesial

Sepintas nama bakso bakar spesial masih asing, namun di beberapa daerah bakso bakar sudah menjadi menu yang paling dicari. Selain rasanya yang khas, bakso bakar spesial juga memberikan sensasi berbeda dalam memakan bakso. Bagi yang di daerahnya menjual bakso bakar ini, tentunya bukanlah hal yang susah untuk menikmati bakso dengan aroma dan rasa yang berbeda. Akan tetapi bagi pembaca EkstraKuliner yang ternyata berdomisili jauh dengan penjual bakso bakar ini, tidak perlu khawatir. Karena bakso bakar spesial ternyata juga bisa dibuat sendiri didapur EkstraKuliner. Penasaran kan? Yuk simak resep dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan:

  • 400 gram daging sapi giling
  • 100 gram tepung kanji
  • 1 butir telur
  • Tusuk sate

Bumbu

  • 4 siung bawang putih yang dihaluskan
  • 1 Sendok teh merica
  • Pala secukupnya
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh bumbu rasa kaldu sapi

Bahan Olesan

  • 3 sendok makan kecap manis
  • Margarine secukupnya

Cara Membuat:

1. Campurkan daging giling, bumbu serta telur. Kemudian haluskan campuran bahan tersebut dengan food prosessor atau alat penghalus lainnya.

2. Campurkan tepung kanji pada adonan tersebut sedikit demi sedikit. Jangan lupa aduklah adonan tersebut agar tepung kanji merata dengan bahan campuran yang dihaluskan.

3. Masukkan adonan ke dalam baskom bersih, setelah itu buatlah menjadi bentuk bulat. Seperti biasa, dalam membentuk bulatan bakso, biasanya menggunakan sendok teh atau sendok makan kemudian dimasukkan ke dalam air mendidih hingga bakso mengapung.

4. Tusuklah bakso hingga menyerupai sate. Kemudian pangganglah di atas bara api. Jangan lupa untuk mengangkat dan membolak balik bakso yang dipanggang serta mengoleskan kecap dan margarine.

5. Angkatlah bakso jika sudah ebrwarna coklat, kemudian sajikan dengan saos atau tomat. Untuk menu lebih istimewa bisa juga menambahkan kuar seperti halnya bakso biasa.

Hmm, bisa dibayangkan kelezatan dan aroma bakso bakar spesial ini. Itulah resep dan cara membuat bakso bakar spesial. Selamat mencoba dan menikmati.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

One comment

  1. wah nampaknya sangat nikmat sekali..

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...