Kuliner / Resep / Resep dan cara membuat Es Cincau Hijau

Resep dan cara membuat Es Cincau Hijau

Es cincau biasanya merupakan sajian yang paling mudah ditemukaan saat bulan puasa. Namun, bukan berarti kita tidak bisa menikmatinya di saat hari-hari biasa. Kendati susah menemukan orang menjual es cincau, kita bisa membuatnya sendiri dengan bahan yang sangat sederhana. Tidak hanya itu, Es Cincau yang sering kita temukan berwarna hitampun bisa dirubah menjadi warna hijau tanpa kesampingkan khasiatnya.

O

Seperti yang diketahui, es cincau tidak hanya menjadi pelepas dahaga ketika bulan puasa atau musim kemarau. Lebih dari itu, es cincau juga memiliki manfaat bisa menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi panas dalam serta membantu memperbaiki saluran pencernaan. Jadi, baik es cincau biasa (warna hitam) dengan es cincau hijau ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan yang tidak jauh berbeda.

Untuk membuat es cincau sendiri sebenarnya tidak terlalu rumit. Hanya dibutuhkan bahan sederhana yang mudah kita temui disekitar kita. Berikut bahan dan langkah membuat es cincau hijau.

Bahan membuat es cincau
500 gram cincau hijau
Es batu

Bahan membuat kuah santan
600 ml santan kelapa
3 lembar daun pandan

Bahan membuat sirup merah
200 gram gula merah
100 ml air
1 lembar daun pandan

Cara membuat
1. Membuat Kuah Santan
Rebuslah santan, garam kemudian di aduk. Boleh juga menambahkan sedikit garam untuk menambah citarasa kuah santan es cincau hijau.

2. Membuat Sirup Gula Merah
Rebuslah air, gula merah, serta pandan hingga kental. Kemudian angkat dan dinginkan.

3. Membuat Es Cincau Hijau Dan Penyajiannya
Keruklah cincau hijau dengan sendok hingga ukurannya lebih kecil dan halus. Masukkan cincau hijau ke dalam gelas. Kemudian masukkan kuah santan dan sirup gula merah. Jangan lupa masukkan es serut atau es batu yang dihaluskan.

Itulah beberapa bahan dan langkah untuk membuat es cincau hijau. Sebuah menu sederhana yang sarat akan khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Es cincau hijau ini tidak hanya bisa dihidangkan untuk keluarga, tetapi juga bisa dinikmati dalam keadaan ebrsama teman atau sahabat kantor atau sekolah.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...