Kuliner / Jajanan / Resep Dan Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah

Resep Dan Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah

Kue Cucur merupakan salah satu dari sekian banyak kue tradisional di Indonesia. Akan tetapi seiring perkembangan jaman, keu yang terbuat dari gula merah ini mulai tersisih. Merebaknya kue atau jajanan yang terbuat secara instan menjadi salah satu factor tersingkirnya kue tradisional dari pasaran. Saat ini jarang sekali melihat orang yang berjualan kue ini di pinggir jalan. Suatu pemandangan yang sangat berbeda dengan situasi dua puluh tahun lalu, dimana kue berbentuk bulat ini menjadi santapan nikmat dikala malam.

resep dan cara membuat kue cucur

Kendati begitu, kue cucur masih belum sepenuhnya sirna. Terbukti saat ini masih ada yang jualan kue manis ini walaupun sudah sedikit. Tidak hanya itu, saat ini juga sudah banyak masyarakat yang sudah bisa membuat kue ini sendiri di dapur mereka. Tentunya rasa yang dihasilkan pun tidak jauh beda dengan cirri khas kue cucur sebenarnya.

Adapun resep dan cara membuat kue cucur ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Hampir semua bahannya mudah ditemukan disekitar kita. Untuk lebih jelasnya bisa disimak bahan dan cara pembuatan kue cucur berikut.

Bahan-bahan:

  • 300 ml air putih
  • 175 gr gula merah (gula Jawa)
  • 175 gr tepung beras
  • 70 gr tepung terigu
  • 3 lembar daun pandan
  • ½ sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat kue cucur gula merah:

1. Rebuslah gula merah bersama air sambil di aduk-aduk. Berilah daun pandan pada adonan tersebut dengan kondisi sambil di aduk.

2. Apabila gula sudah larut, maka saringlah rebusan gula merah dan biarkan dalam kondisi hangat.

3. campurkan tepung beras, tepung terigu serta garam yang sudah disiapkan ke dalam rebusan gula. Aduk hingga adonan menjadi merata.

4. Untuk menghasilkan kue cucur dengan serat yang bagus maka sambil di aduk adonan di keplok-keplok secukupnya hingga larutan gula menjadi habis.

5. Siapkanbahan penggorengan dengan memanaskan minyak dan sebagainyasambil membiarkan adonan selama kurang lebih 30 menit.

6. Masukkan adonan secukupnya ke dalam wajan yang suah berisi minyak. Gorenglah dan siramlah bagian tengah dengan minyak untuk menghasilkan bentuk kue cucur yang cantik.

7. Tusuklah adonan dengan menggunakan lidi yang bersih, putar dan balik hingga kue cucur masak secara merata.

Itulah resep dan cara membuat kue cucur yang terbuat dari gula merah. Mudah, sederhana namun tetap menjanjikan kenikmatan. Selamat mencoba.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...