Kuliner / Lain-lain / Tips Mengatasi Makanan Mengeras dan Sayuran Layu Setelah Disimpan Dalam Kulkas

Tips Mengatasi Makanan Mengeras dan Sayuran Layu Setelah Disimpan Dalam Kulkas

Menyimpan makanan dan sayuran dalam kulkas kadang menjadi pilihan sejumlah ibu rumah tangga agar makanan atau sayuran menjadi lebih tahan lama. Namun yang sering terjadi, kerap kali makanan ataupun sayuran yang disimpan dalam kulkas mengalami perubahan wujud. Seperti halnya nasi yang menjadi keras atau sayuran yang tetap menjadi layu apabila lama-lama disimpan di lemari pendingan atau kulkas.

sayuran hijau

Untuk itulah dibutuhkan beberapa cara mengatasi makanan mengeras dan sayuran layu setelah disimpan dalam kulkas. Setidaknya makanan atau sayuran tersebut bisa kembali ke wujud semula dan bisa dikonsumsi oleh keluarga.

Berikut beberapa tips mengatasi makanan mengeras dan sayuran lau setelah disimpan dalam kulkas:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau sering disimpan di dalam kulkas agar tetap segar walaupun digunakan beberapa hari lagi. Namun, kenyataannya tidak sedikit sayuran hijau yang tetap layu setelah berlama-lama dalam kulkas. Ada beberapa sayuran hijau yang sering layu walaupu di simpan dalam kulkas diantaranya selada, saledri, daun bumbu dan sebagainya. Untuk itu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan merendam sayuran tersebut dalam air es selama beberapa menit, kemudian tirislah dengan air bersih dan masaklah seperti biasa.

2. Nasi

Nasi yang disimpan dalam kulkas biasanya akan mengeras. Untuk itu bisa dilakukan dengan cara mengukusnya dan ketika tengah mengukus jangan lupa berilah percikan air pada nasi tersebut. Selain di kukus, nasi yang keras akibat disimpan dalam kulkas adalah dengan menyimpannya dalam microwave. Seperti halnya ketika di kukus, nasi dalam microwave juga harus dipercikkan air agar kembali lembut.

nasi putih keras

3. Roti

Roti juga akan berubah menjadi lebih keras apabila disimpan terlalu lama dalam kulkas. Roti tersebut bisa dimodifikasi menjadi roti panggang bisa juga kembali disulap menjadi lembut. Dengan catatan, roti yang dimaksud sedang tidak kadaluarsa, artinya masih aman dikonsumsi oleh siapapun. Untuk membuat roti menjadi kembaloi lembut, maka yang harus dilakukan adalah dengan membungkusroti tersebut dengan handuk kertas yang basah. Kemudia masukkan ke dalam microwave selama 20-30 detik. Setelah itu roti akan kembali lembut dan siap untuk dihidangkan.

Itulah beberapa tips mengatasi makanan mengeras serta sayuran layu ketika disimpan dalam kulkas. walaupun sangat sederhana, semoga bisa berguna untuk pembaca ekstra kuliner.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...