Kuliner / Kue / Cara Membuat Roti Tepung Biji Nangka yang Bergizi

Cara Membuat Roti Tepung Biji Nangka yang Bergizi

Anda pernah merasakan roti tepung biji nangka? Biji nangka atau sering disebut ‘beton’ nangka selama ini lebih banyak memenuhi tempat penampungan sampah dan kurang dioptimalkan pemanfaatannya. Sebagian masyarakat ada yang mengolahnya dengan dimasak untuk dijadikan cemilan beton rebus. Namun selebihnya hanya dibuang saja.

Pembuatan roti tepung biji nangka merupakan diversifikasi pemanfaatan biji nangka sekaligus untuk meningkatkan nila tambah produk pertanian tersebut agar memberikan manfaat yang lebih optimal. Apalagi biji nangka diketahui memiliki kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan tepung terigu yang selama ini digunakan untuk pembuatan roti manis. Apalagi harga tepung terigu semakin meningkat saja yang menyebabkan harga roti pun semakin mahal saja.

Pembuatan roti tepung biji nangka sebenarnya pernah dipelopori Dede Zainal Arief, ahli teknologi pangan Universitas Pasundan yang telah meneliti kemungkinan tepung biji nangka tersebut untuk digunakan dalam membuat roti yang bergizi.

Roti Tepung Biji Nangka

Nah, jika anda tertarik untuk mencoba membuat roti rasa biji nangka, berikut resep atau cara untuk membuat roti tepung biji nangka tersebut.

Untuk bahan yang digunakan meliputi : biji nangka yang telah dihaluskan menjadi tepung, tepung terigu (cakra kembar), ragi roti instan (fermipan), margarin, susu skim, kuning telur, gula pasir, garam, serta air.

Sedangkan untuk proses pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Pembuatan tepung biji nangka: Pilih biji nangka yang baik lalu dibersihkan terlebih dahulu dan dikupas kulit luarnya. Lalu kukus biji nangka tersebut selama sekitar 20 hingga 30 menit hingga matang, dan tiriskan. Setelah itu, buang kulit keras maupun kulit ari biji nangka yang telah matang kemudian diiris-iris menjadi potongan kecil-kecil. Keringkan irisan biji nangka itu dalam oven pengering selama 2 sampai 3 jam pada suhu 60 derajat celcius. Setelah itu hancurkan dengan menggunakan blender hingga berbentuk butiran. Saring lagi dengan menggunakan pengayak untuk diambil bagian yang halus seperti tepung.
  2. Campurkan tepung biji nangka tersebut dengan tepung terigu dan aduk hingga merata.
  3. Tambahkan bahan ragi yang telah aktif maupun bahan-bahan lainnya seperti gula, garam, margarin, susu skim, kuning telur serta air dan aduk adonan hingga merata. Lakukan proses ini selama sekitar 40 ment sambil dilakukan pengadukan dan pembantingan hingga adonan menjadi kenyal.
  4. Adonan yang telah terbentuk lalu difermentasi pada suhu 25 hingga 30 derajat celcius selama sekitar 2 hingga 4 jam. Tutup wadah adonan dengan lap atau kain basah untuk menjaga agar kondisi fermentasi tetap lembab.
  5. Adonan yang telah difermentasikan itu lalu dibentuk dan dimasukkan ke dalam cetakan untuk dilakukan proses fermentasi tahap kedua selama sekitar 1 jam agar adonan berkembang secara maksimal.
  6. Setelah fermentasi kedua selesai, adonan diolesi dengan kuning telur agar roti yang dibuat terlihat menarik. Kemudian masukkan adonan tersebut dalam oven untuk dipanggang selama sekitar 30 menit pada suhu 150 hingga 163 derajat celcius dan roti tepung biji nangka pun siap dikonsumsi.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...