Kuliner / Kue / Fruit Leather Jambu Biji yang Nikmat Menyehatkan

Fruit Leather Jambu Biji yang Nikmat Menyehatkan

Fruit leather jambu biji merupakan salah satu jenis makanan olahan dari buah yang sangat nikmat, terutama jika dikonsumsi dalam kondisi dingin. Fruit leather bisa dibuat dari buah apapun terutama yang memiliki daging buah yang tebal. Sedangkan fruit leather yang banyak dijual di pasaran terutama dibuat dari buah yang memang disukai masyarakat sesuai target pasarnya.

Pengolahan buah-buahan menjadi bentuk makanan olahan memberikan banyak manfaat. Selain merupakan cara diversifikasi untuk menyajikannya dalam bentuk lain yang berbeda dan lebih enak, cara ini juga untuk memperpanjang umur buah agar tidak cepat rusak atau busuk. Apalagi jika produksi buah melimpah, maka mengolahnya menjadi makanan olahan merupakan langkah yang tepat.

jambu biji

Ada berbagai jenis buah yang sering dipilih untuk diolah menjadi fruit leather ataupun menjadi makanan olahan lainnya. Sedangkan bentuk makanan olahan pun banyak ragamnya, seperti buah kaleng, dibuat jam, jelly buah, puree, ataupun dibuat menjadi manisan buah baik manisan basah maupun kering.

Fruit leather merupakan salah satu bentuk makanan olahan kering mirip manisan. Namun dalam pengolahannya, daging buah harus dihancurkan dan dikeringkan, baik dengan cara menjemurnya maupun dengan cara pemanasan. Buah yang diolah menjadi fruit leather umumnya memiliki daya simpan yang cukup lama, bahkan bisa hingga setahun.

Keunggulan Fruit Leather Buah Jambu Biji

Memang ada banyak jenis buah yang bisa diolah menjadi fruit leather. Namun kali ini kita memilih membuat fruit leather buah jambu biji dengan daging buah berwarna merah sebagai bahan utamanya karena banyak keunggulannya dibandingkan buah yang lain. Selain sudah dikenal masyarakat luas, jambu biji juga mudah diperoleh, harganya murah, dan yang lebih penting memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang amat tinggi.

Jambu biji (psidium guajava linn) diketahui memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, 6 kali lebih banyak daripada buah jeruk dan 30 kali lebih besar dibandingkan buah pisang. Buah ini juga dikenal kaya dengan vitamin A, vitamin B1, B2, mineral asid pantotenik, dan asid nikotinik. Jambu biji juga kaya serat tinggi, rendah lemak, bebas asam lemak jenuh dan sodium, dan kaya energi.

Kandungan nutrisinya yang tinggi membuat jambu biji juga banyak dimanfaatkan untuk mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit, terutama penyakit degenerative seperti diabetes melitus, hipertensi, kanker, maupun gangguan jantung. Buah ini juga diketahui efektif untuk menyembuhkan diare dan disentri, menghentikan perdarahan, mengatasi batu ginjal, radang usus besar, serta menyembuhkan infeksi,

Jambu biji juga mengandung karotenoid, likopen, maupun polifenol yang berguna sebagai anti kanker dan anti oksidan. Rasa sepat buah ini terutama dari kandungan tannin yang ternyata berguna dalam merangsang penambahan jumlah trombosit darah sehingga efektif untuk untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah, anti virus, memperlancar sistem pencernaan dan sirkulasi darah.

Cara Membuat Fruit Leather Buah Jambu Biji

Sebelum kita mengolah dan membuat fruit leather jambu biji, sebaiknya siapkan berbagai peralatan maupun bahan-bahan yang akan digunakan. Bahan-bahan yang digunakan meliputi buah jambi biji daging merah yang segar, susu, asam sitrat, aquades, dan gula pasir.

fruit leather jambu biji

Berikut ini tahapan atau langkah-langkah yang dilakukan dalam pembuatan fruit leather jambu biji yang nikmat dan menyehatkan.

  1. Seleksi dan sortir buah jambu biji yang kondisinya segar dan pilih yang tingkat kematangannya relatif sama.
  2. Cuci buah jambu hingga bersih dan buang semua kotoran yang masih menempel.
  3. Lakukan triming untuk membuang kulit dan tangkai jambu, dan buang juga bagian yang busuk.
  4. Hancurkan daging buah jambu dengan cara diblender hingga merata. Lakukan pula penyaringan untuk membuang bijinya sehingga yang tersisa adalah daging buahnya saja.
  5. Lakukan pencampuran buah jambu yang telah dihancurkan dengan asam sitrat 0,2 persen dan gula pasir dengan berbandingan 10 hingga 30 persen dari sari buah jambunya hingga membentuk adonan.
  6. Masukkan adonan ke dalam loyang untuk dilakukan pencetakan dengan ketebalan sekitar 2 cm.
  7. Kemudian dilakukan proses pengeringan dengan memasukkan loyang ke dalam oven dengan suhu 50 derajat celcius selama seharian atau sekitar 24 jam.
  8. Setelah itu adonan yang telah kering bisa dipotong dengan ukuran sesuai keinginan dan siap disantap. Anda juga bisa mengemas fruit leather buah jambu biji yang lezat dan menyehatkan ini dalam kemasan tertentu untuk dijual atau dipasarkan.

Gambar: flickr

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...