Kuliner / Lain-lain / Inilah 7 Makanan Super Untuk Otak Anak Cerdas

Inilah 7 Makanan Super Untuk Otak Anak Cerdas

Asupan makanan super untuk otak sangat penting diberikan sejak dini. Makanan semacam ini sangat berguna dalam merangsang pertumbuhan sel-sel otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi belajar, meningkatkan memori otak, maupun memperbaiki dan melindungi fungsi otak anak.

Ada banyak jenis asupan makanan super untuk otak anak yang bias anda pilihkan untuk kecerdasan anak-anak anda. Nah, di bawah ini 7 jenis makanan yang paling baik untuk menumbuhkan dan meningkatkan fungsi otak untuk kecerdasan anak-anak.

  1. Gandum dan Sereal – Makanan seperti roti gandum atau sereal mengandung banyak asam folat yang penting untuk meningkatkan aliran darah ke otak maupun vitamin B6 yang juga sangat dibutuhkan untuk perkembangan optimal otak anak.
  2. Daging Sapi (tanpa lemak) – Makanan ini mengandung banyak zat besi dan unsure seng. Zat besi berfungsi penting untuk dalam menyuplai energi maupun meningkatkan konsentrasi anak saat belajar dan menyerap pelajaran di sekolah. Sedangkan seng untuk meningkatkan daya ingat
  3. Susu dan Produk turunannya – Susu, yogurt, ataupun keju dikenal kaya dengan kandungan kalsium yang sangat penting untuk memperbaiki fungsi saraf. Kandungan asam amino yang bernama tirosin dalam yogurt bertugas memproduksi netrotransmitter yang berguna untuk meningkatkan memori otak anak.
  4. Kuning Telur – Bagian kuning telur mengandung kolin yang penting untuk meningkatkan fungsi otak dengan meningkatkan ukuran dan jumlah neuron dalam otak yang akan membantu meningkatkan daya ingat dan memudahkan anak menyerap pelajaran yang diterimanya di sekolah.
  5. Ikan Laut – Ikan laut juga merupakan makanan super untuk otak yang sangat penting, utamanya lagi untuk jenis iklan salmon, tuna, dan sarden yang mengandung banyak DHA dan Omega 3 yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak. DHA sangat dibutuhkan anak untuk meningkatkan perkembangan fungsi kognitif dan sistem saraf motorik otak anak.
  6. Sayuran Berwarna – Bayam, wortel, tomat, labu, ataupun ubi jalar mengandung zat gizi penting untuk pertumbuhan sel otak maupun menjaganya agar sehat. Sayuran hijau juga dikenal menganudng DHA yang penting untuk meningkatkan kecerdasan otak maupun ketrampilan motorik anak. Salad bayam merupakan makanan olahan kreatif untuk anak cerdas.
  7. Kacang-kacangan dan Biji-bijian – Berbagai makanan yang berasal dari kacang-kacangan ataupun bijian-bijian juga merupakan makanan super untuk otak anak. Makanan seperti kacang tanah, almon, ataupun kenari dikenal memiliki kandungan lemak omega 3 yang penting untuk pertumbuhan otak dan meningkatkan fungsi neurotransmitter otak anak. Makanan biji-bijian juga diketahui mengandung Alpha Linolenic Acid yang bertugas meningkatkan fungsi  korteks serebal dalam memproses informasi sensorik dalam otak.

Itulah beberapa jenis makanan yang memiliki banyak nutrisi dan zat gizi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Agar anak mau menerima asupan berbagai jenis makanan super untuk otak tersebut, maka anda sebagai dapat membuat berbagai olahan resep yang lezat dan tentunya akan disukai anak-anak anda yang cerdas.

Sumber gambar: pixabay

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...