Kuliner / Resep / Inilah Cara Membuat Manisan Terong yang Lezat Bergizi

Inilah Cara Membuat Manisan Terong yang Lezat Bergizi

Mungkin sebagian besar diantara anda belum pernah merasakan manisan terong? Yah, selama ini terong atau terung dikenal sebagai buah sayuran yang umumnya dibuat dalam bentuk sayur lodeh atau oseng. Daging buahnya yang tebal menjadikan sayuran ini terasa nikmat, apalagi jika dimasak dengan sedikit pedas asam, hmm..pastinya sangat nikmat.

Namun ada sedikit kendala menyangkut jenis sayuran yang satu ini. Bagi sebagian orang, terong dianggap sebagai makanan pemicu terjadinya impotensi dan menurunkan gairah seksual. Benarkah persepsi yang demikian?

Terong (solanum melongena) merupakan jenis buah sayuran berbentuk bulat lonjong dengan daging buahnya yang tebal dan lunak. Ada banyak jenis terong yang sudah banyak dieknal, dari jenis terong ungu, terong hijau, terong kopek, dan sebagainya. Selain harganya yang relative murah, kandungan nutrisi buah sayuran ini ternyata cukup tinggi dan manfaatnya untuk kesehatan juga terbilang luar biasa.

Cara Membuat Manisan Terong

Dalam 100 gram buah terong, kandungan energinya cukup besar yaitu 24 kkal, karbohidrat 5,5 gr, kalsium 15 mg, protein 1,1 gr, fosfor 37 mg, dan kandungan lemaknya cukup rendah yaitu 0,2 gram. Sedangkan kandungan vitaminnya meliputi vitamin A 30 IU, B1 0,04 miligram dan vitamin C sebesar 5 miligram. Terong juga diketahu mengandung sejumlah zat penting, seperti asam folat, molibdenum, mangan, kalium, triptofan, magnesium, serta vitamin K.

Selain itu, buah ini juga mengandung banyak unsur penting yang sangat bemanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Diantaranya zat phycocyanian atau protein kompleks yang terdapat dalam kulit terong ungu yang bersifat antioksidan dan berguna dalam produksi sel darah, mengatasi kanker, maupun mengobati wasir.

Di dalam buah terong juga terdapat kandungan ellagic acid yang berguna untuk mencegah penggumpalan darah maupun mengatasi tumor dan kanker. Juga ada zat antosianin, suatu senyawa flavanoid yang penting untuk melindungi dari radiasi sinar ultraviolet maupun untuk mengobati penyakit kanker dan jantung.

Tahapan Cara Membuat Manisan Terong

Manisan adalah makanan cemilan yang banyak disukai orang. Ada banyak manfaat dan kelebihan membuat manisan terong ini. Selain bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, manisan jenis ini belum banyak diusahakan orang sehingga merupakan peluang bisnis yang cukup prospektif. Karena itu kenapa anda tidak mencoba untuk membuat sendiri cemilan lezat ini?

Untuk membuat manisan terong yang berkualitas, anda hanya perlu memperhatikan dua hal saja, yaitu bahan baku buah terong yang berkualitas dan pemberian konsentrat gula yang tepat. Kali ini kita akan menggunakan bahan utama berupa buah terong ungu dan kopek hijau yang segar, mulus, berbentuk lurus, dan tidak cacat sebanyak 1 kg. Sedangkan bahan lain yang diperlukan adalah sukrosa atau gula pasir (1/4 kg), asam sitrat dan essence secukupnya, larutan kapur sirih atau (Ca (OH) 2), serta air.

Manisan Terong

Sedangkan untuk cara membuat manisan terong dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Setelah memilih buah terong yang berkualitas, buang bagian tangkalnya dan cuci dengan menggunakan air untuk menghilangkan kotoran yang menempel hingga bersih.
  2. Dengan menggunakan garpu, tusuk-tusuk buah terong dari kedua sisi dengan jarak sekitar 1 cm. Hal ini dilakukan agar proses pemasakan dapat meresap masuk ke bagian paling dalam dari buah terong.
  3. Setelah itu rendam buah terong dalam larutan kapur (Ca OH) 2) dengan kadar 3 persen selama sekitar 12 jam hingga meresap.
  4. Selanjutnya, terong dikeringkan atau dilakukan penirisan, dengan cara diperas untuk mengeluarkan kandungan getahnya maupun air kapurnya.
  5. Setelah cukup, terong kemudian dicuci dengan menggunakan air yang mengalir guna membersihkan sisa-sisa kapur yang masih tersisa.
  6. Langkah terakhir adalah melakukan pemasakan. Sebelumnya siapkan sebuah wajan yang berisi larutan gula yang telah dicampur dengan asam sitrat dan essence. Setelah itu masukkan buah terong dan dimasak di atas api yang sedang selama sekitar 2 jam atau hingga airnya habis. Nah, akhirnya manisan terong pun bisa dipotong-potong sesuai keinginan dan siap dikonsumsi atau dibungkus untuk dijual.

Gambar:google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...