Kuliner / Lain-lain / Manfaat Paprika dan Tips Mengolahnya

Manfaat Paprika dan Tips Mengolahnya

Meskipun fungsinya lebih sebagai bumbu masak, manfaat paprika terhadap kesehatan ternyata tak bisa dianggap remeh. Seperti kita tahu paprika dikenal pula dengan istilah cabe Eropa atau cabe Amerika. Rasanya yang agak pedas memang membuatnya sering dijadikan bahan bumbu masakan ataupun dijadikan campuran dalam pembuatan salad.

Berbeda dengan cabe di Indonesia, paprika (capsicum annuum) memiliki kandungan gizi yang sangat penting utuk kesehatan. Buah sayuran ini dikenal kaya akan vitamin C, yaitu mencapai 190 mg dalam setiap 100 gramnya. Jumlah jauh lebih benyak dibandingkan vitamin C dalam buah jeruk yang hanya sekitar 30 hingga 50 mg dalam setiap 100 gramnya. Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin ini juga berfungsi dlam membantu pembuatan kolagen pada tulang dan meningkatkan kesehatan gusi, pengangkut lemak, mengatur tingkat kolesterol, serta melancarkan berbagai proses enzimatik.

Manfaat Paprika

Buah paprika juga kaya akan serat diet (dietary fiber), vitamin A, vitamin B6, asam folat, betakaroten, serta likopen. Betakaroten merupakan jenis antioksidan yang bermanfaat dalam mengurangi konsentrasi radikal bebas. Vitamin B6 dan asam folat berguna dalam menangkal aterosklerosis maupun penyakit diabetes, mereduksi kadar homosistein yang sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa memicu penyakit mematikan seperti stroke maupun jantung.

Selain itu, manfaat paprika bagi kesehatan tubuh lainnya adalah untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit mematikan, seperti kanker, penyakit jantung koroner (PJK), ataupun diabetes mellitus. Buah sayuran ini juga berguna dalam meningkatkan kesehatan kulit. Menariknya lagi, buah paprika merah juga diyakini memiliki khasiat dalam meningkatkan kualitas sperma, baik dalam meningkatkan jumlahnya, memperbaiki struktur sperma, serta meningkatkan agresivitasnya.

Cara Mengolah Manfaat Paprika

Agar manfaat paprika dapat optimal, maka cara pengolahannya juga perlu dilakukan dengan baik, terutama untuk menjaga kandungan gizi agar tidak rusak. Nah, berikut ini beberapa cara penyimpanan dan pengelolaan buah paprika yang sebaiknya anda perhatikan dengan baik.

  1. Jika paprika digunakan sebagai bumbu masak, sebaiknya paprika dimasukkan ke dalam masakan pada tahap akhir menjelang selesai agar kandungan gizinya tidak rusak. Penggunaan sebagai campuran salad akan lebh menjaga khasiat buah ini.
  2. Jangan biarkan buah paprika disimpan dalam keadaan terbuka atau terbelah. Olah sesegera mungkin jika paprika telah dibelah karena vitamin C didalamnya akan mudah menguap.
  3. Buah paprika yang tidak segera digunakan, sebaiknya disimpan dalam lemari pendingin. Hindari membungkus atau melindungi paprika dengan bungkus plastik yang rapat di dalam kulkas karena justru akan menyebabkannya cepat rusak.
  4. Ciri khas paprika yang baik kualitasnya adalah yang keras dan kulitnya terlihat licin, berkilat, dan tidak kusam atau berkerut. Karena itu ambil manfaat paprika dengan mengkonsumsi buah ini dalam kondisi yang terbaik.

Sumber gambar: image.google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...