Kuliner / Resep / Nikmatnya Sosis Ikan Tongkol yang Penuh Gizi

Nikmatnya Sosis Ikan Tongkol yang Penuh Gizi

Sudah pernahkah anda mencoba merasakan sosis ikan tongkol? Selama ini sosis memang banyak dibuat dari daging sapi atau ayam yang dikenal memiliki kandungan energi yang tinggi dan baik konsumsi. Namun dengan mahalnya harga daging tentu juga akan mendorong harga sosis juga makin tinggi dan bisa menguras uang jajan anak-anak yang suka dengan sosis.

Untuk menyiasati kondisi tersebut kenapa tidak menggunakan bahan lain yang lebih murah, mudah mendapatkannya, dan tentunya kandungan gizinya juga tidak lebih rendah dibandingkan daging sapi atau ayam. Ikan, baik ikan air tawar maupun ikan air laut, merupakan bahan makanan yang cukup melimpah di tanah air. Apalagi Indonesia dikenal sebagai negara bahari yang sangat kaya dengan berbagai makhluk lautnya, khususnya ikan.

Sosis Ikan Tongkol

Nah, dalam postingan kali ini kita akan mencoba membuat resep sosis ikan tongkol. Ikan tongkol dipilih karena ikan air laut ini dikenal memiliki kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan ikan air tawar. Apalagi produksi hasil tangkapan ikan tongkol cukup melimpah sehingga perlu dimanfaatkan seoptimal mungkin sebagai makanan sumber protein.

Sekedar untuk informasi, gizi yang terdapat dalam ikan tongkol diantaranya kandungan energi sebesar 111 kilokalori, protein (24 gram), lemak (1 gram), kolesterol (46 mg), dan zat besi (0,7 mg). Ikan laut ini juga diketahui mengandung omega 3 yang sangat penting untuk mendukung kecerdasan otak.

Dalam pembuatan sosis ikan tongkol ini juga ditambahkan bahan tambahan berupa tahu atau ampas tahu. Anda bisa memilih bahan tahu namun dengan harga yang lebih mahal, sedangkan ampas tahu tentunya lebih murah namun dengan kandungan gizi yang juga masih relative tinggi.

Seperti pernah ditulis sebelumnya tentang dendeng ampas tahu, diketahui bahwa ampas tahu yang umumnya dibuang atau dibuat makanan ternak ternyata masih memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Bahan limbah ini antara lain mengandung protein nabati 23,55 persen, karbohidrat (26,92 persen), lemak (5,54 persen), serta air sebanyak 10,43 persen.

Cara Pembuatan Sosis Ikan Tongkol

Untuk cara pembuatan sosis ikan tongkol juga relative mudah. Namun sebelumnya perlu disiapkan berbagai bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Selain ikan tongkol dan bahan tahu atau ampas tahu, bahan lain yang dibutuhkan adalah bawang merah, bawang putih, NaCl, MSG, gula, lada halus, pala, kondimen, tepung kacang merah (yang berfungsi sebagai stabiliser), bahan pengikat tepung tapioca, air, dan es batu.

Resep Sosis Ikan Tongkol

Untuk proses pembuatan sosis ikan tongkol dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Bersihkan terlebih dahulu ikan tongkol dengan air bersih dan potong-potong untuk memisahkan bagian daging ikan dengan bagian lain yang tidak dibutuhkan seperti kepala, ekor, kulit, ataupun tulang.
  2. Lumatkan daging ikan melalui dua tahap. Pelumatan pertama dilakukan dengan chooper, sedangkan tahap kedua dengan menggunakan blender. Pada saat menggunakan blender, tambahkan es secara bertahap agar kondisi ikan tetap terjaga kesegarannya.
  3. Setlah itu bahan tahu atau ampas tahu yang telah disiapkan kemudian dipress untuk mengurangi kandungan airnya. Setelah itu ampas tahu digiling dengan blender hingga lembut.
  4. Campurkan daging ikan yang telah dilumat dengan ampas tahu. Sambil diaduk, tambahkan juga bumbu-bumbu yang diperlukan maupun bahan pengikat tepung tapioca dan tepung kacang merah. Pehatikan perbandingkan daging ikan tongkol dengan ampas tahu yaitu 1 : 1 atau 3 : 2, sedangkan perbandingan untuk tepung tapioka dan tepung kacang merah yang digunakan adalah 5 hingga 10 persen.
  5. Adonan yang telah bercampur secara homogen tersebut kemudian dimasukan ke dalam casing (selongsong) atau cetakan sosis dengan menggunakan alat pengisi sosis lalu diikat. Ukuran cetakan yang biasanya digunakan adalah 10 cm.
  6. Setelah semua bahan masuk dalam casing, tahap selanjutnya adalah melakukan pengasapan dengan suhu antara 50 hingga 60 derjat celcius selama sekitar 1,5 jam.
  7. Setelah itu dilakukan perebusan selama 15 menit pada suhu antara 60 hingga 65 derajat celcius.
  8. Setelah selesai angkat sosisnya dari alat rebus dan biarkan hingga dingin, dan makanan sosis ikan tongkol pun siap untuk dimasak sesuai selera dan kebutuhan.

Sumber gambar: google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

2 comments

  1. Wow sosisnya menggugah selera. Kebetulan saya juga suka banget sosis. Ihhhh sadappp. Pokoke mak nyus lah ya… Sosis ala indonesia ada apa enggak ya.

  2. kunjungan ke dua…..
    manfaat banget website/Blog nya…..
    keep posting yang positif gan/sist..
    ijin lihat-lihat blog/website nya ya…..

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...