Kuliner / Lain-lain / Ragam Manfaat Menu Rumput Laut yang Lezat

Ragam Manfaat Menu Rumput Laut yang Lezat

Sebenarnya menu rumput laut merupakan salah satu makanan yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Bentuknya yang pipih panjang dengan banyak cabang memang lebih mirip ranting pohon ketimbang seperti rumput darat pada umumnya. Apalagi rasanya yang renyah dan kenyal membuat bahan makanan ini cukup fleksibel dan mudah untuk dijadikan bahan beragam jenis menu makanan yang enak dan lezat.

Pada artikel ini penulis tidak akan menuliskan tentang resep cara memuat makanan dengan menu rumput laut sebagai bahan dasarnya karena di internet banyak sekali resep yang dapat dengan mudah anda dapatkan. Anda juga dapat berkreasi sendiri dalam mengolah bahan produk laut non ikan ini untuk berbagai jenis menu yang unik dan bercita rasa tinggi untuk seluruh anggota keluarga anda.

Menu Rumput Laut

Pada tulisan ini, penulis lebih ingin memberikan gambaran betapa besar manfaat rumput laut untuk kesehatan kita. Apalagi negara kita yang terdiri dari banyak pulau memiliki kekayaan yang luar biasa terhadap produk ganggang laut ini. Karena itu membuat menu rumput laut akan menjadi menu sajian yang istimewa untuk keluarga anda.

Menu Rumput Laut yang Kaya Gizi

Rumput laut merupakan jenis ganggang yang hidup di dasar laut yang masih terkena jaungkauan cahaya dari sinar matahari. Ada banyak jenis ganggang yang hidup di lautan, namun yang banyak dimanfaatkan diantaranya jenis ganggang hijau (chlorophyceae), ganggang coklat (phaeophyceae), ganggang biru (cyanophyceae), serta ganggang merah (rodophyceae).

Tanaman yang juga dikenal dengan nama seaweed ini mengandung banyak gizi dan nutrisi penting untuk tubuh. Rumput laut kaya dengan berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, B, C, D, E, dan vitamin K. Ganggang ini juga kaya dengan nutrisi esensial, seperti asam amino, asam nukleat, enzim, serta berbagai jenis mineral penting. Yang menarik, rumput laut juga kaya dengan kandungan klorofil maupun serat tinggi yang sangat penting untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

Banyaknya nutrisi inilah yang menjadikan menu rumput laut mesti dimanfaatkan untuk meningkatkan system imunitas tubuh, meningkatkan fungsi jantung, memperlancar aliran darah, dan melancarkan sistem pencernaan.

Tanaman jenis gamat laut ini juga telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat Jepang dan Cina untuk pengobatan, utamanya dalam menangkal penyakit kanker dan kanker p4yu-d4-ra. Rumput laut juga berguna untuk mengobati penyakit demam, asma, bronkhitis, rematik, maaupun mengatasi pengeroposan dan pengapuran tulang. Tanaman ini juga merupakan antioksidan penting dalam menangkal radikal bebas dan berbagai jenis virus, untuk mencegah penuaan dini, serta meningkatkan gairah seksual.

Dengan besarnya manfaat yang ada, menu rumput laut ini juga enak untuk dijadikan berbagai jenis masakan harian yang lezat, seperti dibuat sayur, sebagai cemilan, dibuat agar-agar atau bahan campuran untuk es buah, es krim, desert, minuman penyegar, ataupun sebagai penyedap masakan.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

  1. cobain kue jadul dunk, lagi coba2 usaha resep turun temurun nih….mampir ke kue-fancy.blogspot.com Tks

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...