Kuliner / Resep / Resep Bubur Buah untuk Bayi agar Sehat nan Cerdas

Resep Bubur Buah untuk Bayi agar Sehat nan Cerdas

Anda para ibu mungkin membutuhkan resep bubur buah untuk bayi yang telah melewati usia 6 bulan atau pasca lepas ASI (air susu ibu). Makanan tambahan ini selain untuk memberikan makanan tambahan untuk pertumbuhannya juga banyak manfaatnya lo. Baik dalam meningkatkan kesehatan tubuh maupun untuk mengoptimalkan seluruh potensi anak maupun perkembangan otaknya.

Memang untuk memenuhi kebutuhan anak, ASI merupakan langah pertama dan utama yang mesti dilakukan seorang ibu. Namun tak sedikit ibu yang mengalami masalah sehingga air susunya tidak mampu keluar. Tak sedikit pula ibu-ibu yang dalam memberikan ASI hanya sekitar 6 bulan saja sehingga membutuhkan asupan tambahan untuk pertumbuhannya.

Resep Bubur Buah untuk Bayi

Nah, jika anda sedang membutuhkan menu untuk makanan tambahan bayi anda, mungkin resep bubur buah untuk bayi ini akan berguna untuk anda. Resep ini sebenarnya cocok untuk bayi yang telah lepas ASI yang berumur di bawah 1 tahun. Meskipun demikian, menu ini juga baik untuk balita yang telah lewat umur setahun.

Untuk bahan-bahan utama yang dibutuhkan diantaranya buah pisang, melon, pepaya, apel, serta buah pir. Sedangkan untuk bahan tambahan sesuai perkembangan kemampuan pencernaan bayi adalah wortel, kental, atau jenis sayur-sayuran yang mudah dicerna. Kandungan gizi dalam bahan makanan ini terbilang lengkap, seperti zat karbohidrat sederhana, lemak baik, protein, kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, fosfor, zat besi, serta berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, B1, B2, serta vitamin C.

Sedangkan untuk cara pengolahannya dibedakan antara buah sebagai bahan utama dengan bahan tambahan. Untuk bahan tambahan, seperti kentang, wortel, atau sayuran harus dimasak dengan cara dikukus terlebih dahulu agar kandungan gizinya tetap terjaga. Setelah itu baru disaring atau diblender hingga lembut. Untuk buah-buahan bisa langsung diblender saja. Yang perlu diingat, ibu jangan pernah menambah dengan gula, garam, tambahan rasa lainnya pada makanan tambahan untuk bayi ini.

Selain itu perlu pula diperhatikan cara memberikannya yang perlu dilakukan secara bertahap. Untuk tahap awal, cukup anda berikan sekali sehari saja bubur buah tersebut. Setelah anak siap atau bayi anda yang memintanya lagi, barulah anda dapat memberikannya lebih sering. Demikianlah resep bubur buah untuk bayi sebagai makanan tambahan yang menyehatkan dan mencerdaskan perkembangan otak anak.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...