Kuliner / Resep / Resep Cara Membuat Mie Ikan yang Nikmat Bergizi

Resep Cara Membuat Mie Ikan yang Nikmat Bergizi

Mungkin diantara anda ada yang sudah mengetahui cara membuat mie ikan sebagai menu harian keluarga yang bergizi. Sebagai makanan yang begitu popular bagi masyarakat kita, ada beragam jenis mie yang tersedia di pasaran. Anda tentu sangat mengenal dengan mie instan dengan berbagai merek, mie basah, ataupun mie kering.

Popularitas mie instan memang tidaklah mengejutkan terutama akibat serbuan promosinya yang begitu gencar dan massif. Bahkan tanpa kita sadari, kita pun seperti harus menyediakan banyak mie instan di kulkas agar siap dikonsumsi setiap saat untuk mengganjal perut yang lapar. Padahal, tak sedikit nasehat atau seruan para ahli gizi agar kita jangan terlalu sering mengkonsumsi mie instan karena tidak baik untuk kesehatan tubuh.

cara membuat mie ikan

Nah, agar kita tidak terperangkap dan menjadi korban iklan kenapa kita tidak mencoba berkreasi dengan membuat mie sendiri. Selain bisa bebas memilih bahan bakunya, kita pun bisa menyajikan makanan yang banyak digemari masyarakat itu dengan bahan yang berkualitas dan bergizi. Termasuk dengan cara membuat mie ikan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Pada umumnya mie dibuat dari tepung terigu atau tapioka dimana kandungan asam amino dan asam esensial yang relatif rendah sehingga kurang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Sedangkan ikan diketahui memiliki kandungan gizi yang tinggi, baik dari kandungan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, maupun mineralnya.

Sifat daging ikan yang cukup padat namun mudah diolah dan dibentuk juga memberikan peluang untuk dibuat sebagai bahan campuran dalam membuat mie basah yang bergizi. Karena itulah dalam postingan kali ini kita akan mencoba cara membuat mie ikan jenis basah sebagai variasu menu untuk keluarga dananak-anak di rumah.

Langkah dan Tahapan Cara Membuat Mie Ikan

Sebelum membahas tentang langkah-langkah cara membuat mie ikan, sebaiknya anda siapkan dulu berbagai bahan yang dibutuhkan. Diantaranya, ikan mas segar atau ikan laut terserah selera anda, tepung tapioca, tepung terigu, bawang putih,bubuk lada,bubuk kunyit, bahan natrium karbonat dan kalium karbonat, garam, serta air.

membuat mie ikan

Untuk membuat mie ikan ini kita menerapkan prinsip dari proses pembuatan mie basah pada umumnya, dan berikut langkah cara membuat mie ikan selengkapnya.

  1. Sebelumnya pilih ikan segar yang akan diolah, lalu dicuci bersih untuk membuang lender, darah, maupun kotoran pada ikan. Potong dan buang bagian sirip, kepala, ekor, isi perut, duri maupun sisik ikan yang tidak diperlukan.
  2. Ikan yang sudah bersih dan hanya terdiri dari dagingnya saja kemudian dikukus untuk mengurangi kadar air didalamnya. Pengukusan ikan ini berfungsi pula untuk menghilangkan udara dari jaringan, membunuh bakteri, serta mencegah terjadinya koagulasi protein.
  3. Setelah daging ikan dikukus kemudian dicampur dengan tepung terigu dan aduk hingga merata. Setelah itu tambahkan berbagai bumbu lain seperti bawang putih, bubuk lada dan kunyit, natrium karbolat, air, dan tambahkan pula sedikit garam dan aduk hingga terbentuk adonan yang homogen.
  4. Adonan yang telah merata lalu dibentuk menjadi lembaran dengan ketebalan sekitar 2 mm. Setelah itu lipat lempengan lembaran untuk kemudian dimasukkan ke dalam roll pemotong atau alat penggilingan mie agar menjadi lonjoran mie dengan panjang sekitar 15 cm.
  5. Setelah mie membentuk seperti tali kemudian dilakukan pengukusan dengan menggunakan uap air selama sekitar 5 menit. Setelah selesai mie lalu ditiriskan dan didinginkan hingga mie basah ikan pun siap untuk diolah atau dimasak sesuai selera.

Demikianlah tahapan cara membuat mie ikan basah yang akan menjadi menu makanan bergizi tinggi untuk anak-anak dan keluarga anda.

Sumber gambar: pixabay-google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

  1. Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja

    Ini memang sarana alternatif agar masyarakat gemar makan ikan, tetapi, akan lebih baik makan ikan secara utuh tidak dalam bentuk olahan turunannya. Namun, dalam artikel ini dapat ditoleransi mengingat minya bikin sendiri sehingga bebas dari bahan-bahan yang bersifat racun.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...