Kuliner / Kue / Resep Kue Galendo, Cemilan Lezat Bahan Melimpah

Resep Kue Galendo, Cemilan Lezat Bahan Melimpah

Anda sudah pernah mencoba membuat resep kue galendo atau mencicipi makanan ini? Galendo merupakan produk sampingan dari pembuatan minyak kelapa yang biasanya justru tidak dimanfaatkan lagi alias dibuang. Apalagi kandungan minyak galendo masih cukup tinggi sehingga kurang bisa tahan lama jika dibuat sebagai bahan makanan.

Namun di Ciamis, galendo telah berhasil disulap menjadi makanan oleh-oleh khas daerah itu yang diminati masyarakat. Apalagi dengan kepadaian dalam mengolahnya, seperti dengan membeikan campuran rasa coklat, srawberi, dan lainnya, dapat menjadikannya sebagai produk makanan yang disukai para wisatawan. Apalagi bahan galendo untuk pembuatan kue ini cukup berlimpah dan harganya snagat murah, sehingga cukup prospektif pula untuk dijadikan sebagai produk bisnis.

Kue Galendo

Dalam tulisan ini, ita mencoba membuat resep kue galendo untuk menjadi makanan cemilan murah namun lezat. Kue ini sebaiknya dibuat dalam bentuk kering atau cookies agar lebih tahan lama. Nah, jika anda tertarik untuk mencobanya, silahkan untuk dicoba di rumah.

Bahan dan Cara Pembuatan Resep Kue Galendo

Menyangkut bahan yang diperlukan untuk membuat cookies dengan resep kue galendo meliputi :

Bahan yang dibutuhkan adalah :

  • Tepung terigu
  • Galendo
  • Skim
  • Putih telur
  • Air
  • Garam

Bahan pelembut tekstur yang dibutuhkan terdiri dari

  • Shortening
  • Gula
  • Kuning telur
  • Bahan pengembang

Sedangkan menyangkut cara pembuatannya cukup mudah seperti halnya dalam pembuatan kue kering lainnya. Namun yang perlu lebih diperhatikan adalah perbandingan dari bahan yang digunakan. Di sini tidak dibuat secara terperinci karena masing-masing tentunya memiliki selera atau rasa yang berbeda. Termasuk dengan menambahkan bahan campuran lain, seperti coklat, strawberi, dan sebagainya.

Sedangkan untuk tahapan dalam pembuatan resep kue galendo adalah sebagai berikut:

  1. Campur bahan telur, gula, tepung, dan margarine lalu blender hingga rata.
  2. Setelah itu tambahkan tepung terigu dan galendo ke dalam campuran yang pertama dengan perbandingan 60 dan 40. Kemudian campur dan aduk hingga diperoleh adonan kue yang tepat
  3. Setelah itu adonan kue bisa langsung dicetak dengan alat cetak untuk membentuk ukuran seperti yang diinginkan.
  4. Setelah siap, adonan dipanggang dengan suhu sekitar 180 derajat celcius selama sekitar 15 menit hingga masak. Dan cemilan dengan resep kue galendo pun siap disajikan untuk konsumsi keluarga ataupun untuk dijual.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...