Kuliner / Jajanan / Resep Manisan Tomat yang Bisa Dibisniskan

Resep Manisan Tomat yang Bisa Dibisniskan

Pengolahan makanan dengan resep manisan tomat ini merupakan salah cara membuat variasi cemilan yang bergizi tinggi. Dengan membuatnya menjadi produk manisan, daya tahan buah tomat pun dapat diperpanjang agar tidak busuk. Dan makanan seperti sangat baik disajikan sebagai menu cemilan bergizi untuk anak-anak ataupun dijadikan sebagai produk bisnis yang bisa dijual.

Resep Manisan Tomat

Proses pembuatan resep manisan tomat ini sebenarnya tak berbeda jauh dengan cara membuat makanan manisan buah lainnya. Untuk manisan tomat, anda juga bisa membuat dengan dua cara, baik untuk dijadikan manisan kering maupun manisan basah. Manisan buah yang basah mungkin lebih menarik dari segi penampilannya dibandingkan manisan kering, namun hal itu berpulang kepada anda mana yang akan dipilih.

Nah, untuk bahan-bahan yang perlu disiapkan diantaranya :

  • Buah tomat segar, pilih buah tomat yang segar, tidak cacat, cukup matang, dan ambil yang ukurannya sama.
  • Gula pasir secukupnya agar rasanya pas.
  • Kapur sirih dalam bentuk larutan yang nantinya berfungsi sebagai bahan pengawet alami yang dicampur dengan tawas dan asam benzoate.

Sedangkan untuk langkah pembuatan cemilan dengan resep manisan tomat adalah sebagai berikut:

  1. Cucilah semua buah tomat yang telah disiapkan untuk menghilangkan dari berbagai kotoran yang masih menempel.
  2. Lakukan triming dengan cara mengupas dan melepaskan kulit maupun tangkai yang masih menempel pada buah tomat. Pengupasan kulit tomat penting agar larutan bahan pengeras dari kapur dan tawas, maupun larutan gula dapat terserap dengan baik.
  3. Lalu rendam buah tomat dalam larutan kapur dan tawas selama 24 hingga 48 jam. Untuk larutan kapur, sebaiknya diubuat dengan perbandingan kapur dan tawas sekitar 60:40.
  4. Sambil menunggu proses perendaman tomat dalam kapur sirih, buat larutan gula dengan cara dimasak. Setelah jadi, diamkan larutan gula hingga mendingin.
  5. Setelah perendaman tomat dengan kapur sirih selesai, angkat buah tomat dan tiriskan. Setelah itu rendam tomat dalam larutan gula selama sekitar 4 hingga 6 hari.
  6. Setelah siap, manisan buah tomat ditiriskan terlebih dahulu untuk menghilangkan kelebihan air. Setelah itu produk cemilan dengan resep manisan tomat ini telah siap untuk dikonsumsi ataupun dikemas untuk dijadikan produk bisnis yang cukup menguntungkan.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...