Kuliner / Resep / Resep Selai Tempe yang Nikmat Bergizi

Resep Selai Tempe yang Nikmat Bergizi

Sudahkan anda mencoba resep selai tempe untuk menjadi menu istimewa yang bergizi tinggi untuk anak-anak dan keluarga anda? Jika selama ini selai banyak dibuat dari bahan bua-buahan, seperti nanas, strawberi, dan buah lauinnya, kenapa anda tak mencoba memanfaatkan tempe sebagai selai. Apalagi makanan ini juga bisa dijadikan produk bisnis yang sangat prospektif.

Selama ini masyarakat mengenal tempe sebagai lauk pauk yang disandingkan dengan nasi, baik dibuat dalam bentuk digoreng ataupun dibuat sayuran. Makanan khas Indonesia ini juga enak digoreng dengan tepung untuk dijadikan cemilan. Saking seringnya masyarakat mengkonsumsi tempe, makanan inipun sering diidentikkan dengan sikap mental yang kurang menantang. Padahal, tempe merupakan makanan yang memiliki nilai gizi sangat tinggi dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Resep Selai Tempe

Nah, dalam mengembangkan makanan tradisional ini, tempe juga telah banyak dikembangkan untuk dijadikan makanan dalam berbagai bentuk lainnya. Salah satunya dengan dijadikan sebagai selai untuk olesan roti.

Begitu juga untuk bahan baku yang melimpah merupakan potensi yang layak dikembangkan sebagai sumber makanan yang bergizi sekaligus potensial untuk dijadikan produk bisnis. Apalagi untuk pembuatannya juga tidak sulit semenara daya tahan selai tempe juga cukup lama.

Untuk mengetahui cara mengolah atau pembuatan resep selai tempe, berikut disampaikan bahan yang digunakan dan cara membuatnya.

Untuk bahan yang diperlukan meliputi

  • Tempe
  • Gula pasir
  • Mentega sedikit saja
  • Essence (moka) atau vanilla 1 sendok makan
  • Garam

Sedangkan untuk pembuatannya dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Kukus tempe selama sekitar 10 menit lalu ditiriskan untuk menghilangkan airnya
  2. Blender tempe atau ditumbuk hingga halus, tambahkan air jika perlu.
  3. Campur hasil blenderan dengan gula pasir, mentega, dan garam. Tambahkan essence (moka) atau vanilla untuk menghilangkan bau tempe yang kadang masih terasa cukup kuat. Aduk hingga rata lalu masak hingga matang.
  4. Akhirnya jadilan selai tempe yang siap konsumsi. Namun agar tidak terkontaminasi dengan udara yang kotor, selai tempe yang jadi bisa langsung dimasukkan ke dalam botol jar (stent) yang siap untuk dikonsumsi setiap saat.

Demikianlah cara membuat menu baru dengan resep selai tempe sebagai bahan untuk olesan roti atau kue yang semga berguna untuk anda.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...