Kuliner / Resep / Yuk Membuat Dendeng Ampas Tahu yang Lezat

Yuk Membuat Dendeng Ampas Tahu yang Lezat

Membuat dendeng ampas tahu, emang bisa? Begitu mungkin pertanyaan yang terbersit dalam benak anda saat membaca judul postingan kali ini. Memang, selama ini kita mengenal dendeng dibuat dari daging sapi yang dipress sehingga menjadi tipis dan lezat. Dendeng juga dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama, khususnya untuk jenis dendeng kering, sehingga dapat menjadi lauk yang siap saat dibutuhkan.

dendeng

Ada banyak resep pembuatan dendeng daging yang umumnya sudah banyak diketahui. Ada dendeng kering, dendeng basah, dendeng balado, dendeng pedas, dan sebagainya. Dendeng juga merupakan cara membuat diversifikasi olahan daging agar memberikan variasi rasa yang lebih beragam, selain tentunya untuk memperpanjang daya tahan daging yang umumnya tak bisa tahan lama.

Begitu juga dengan olahan dendeng ampas tahu merupakan salah satu kreasi untuk membuat dendeng dengan bahan alternative yang lebih murah tanpa meninggalkan aspek gizi dan kesehatan. Apalagi ampas tahu umumnya hanya dibuang atau dijadikan campuran makanan hewan dan kurang dimanfaatkan untuk kebutuhan lain yang lebih bermanfaat.

Untuk diketahui, ampas tahu merupakan sisa perasan dari pembuatan tahu yang masih berbentuk bentuk. Menurut sejumlah hasil penelitian, kandungan gizi dalam limbah tahu ternyata masih cukup tinggi. Diantaranya kandungan protein nabati mencapai 23,55 persen, lemak 5,54 persen, karbohidrat 26,92, kandungan air 10,43 persen, dan sisanya berupa serat dan abu.

komposisi gizi ampas tahu

 

Cara Pembuatan Dendeng Ampas Tahu

Dendeng merupakan makanan semi basah dengan kandungan air sekitar 15 hingga 50 persen. Dalam pembuatannya agar tahan lama kadang ditambahkan bahan pengawet guna mencegah pertumbuhan bakteri. Begitu juga untuk memberikan aroma maupun rasa yang lezat, ditambahkan bumbu, sedangkan gula berfungsi untuk melembutkan daging.

Nah, dalam proses pembuatan dendeng ampas tahu sebenarnya tak jauh berbeda dengan pembuatan dendeng daging. Hanya saja, proses pemasakan untuk melembutkan bahan utama seperti pada bahan daging sapi tidak lagi perlu dilakukan.

Sedangkan untuk bahan-bahan utama yang digunakan meliputi ampas tahu yang kondisinya masih baik, serta ikan dari beberapa jenis yang bisa dipilih, seperti ikan tongkol, ikan nila, ataupun yang lainnya. Ikan ini dibutuhkan untuk memberikan cita rasa yang lebih lezat.

Untuk bumbu yang diperlukan meliputi gula, garam, ketumbar, bawang putih, lengkuas, serta flavour guna menambah cita rasa.

dendeng ampas tahu

Setelah semua bahan yang dibutuhkan tersedia, berikut ini adalah cara pembuatan dendeng limbah tahu.

  1. Bersihkan dan pisahkan ampas tahu yang siap diolah.
  2. Pilih ikan segar yang dibutuhkan baik dari jenis tongkol, nila, maupun ikan kembung. Bersihkan dan buang bagian tulang, kepala, sisik, dan isi perut ikannya.
  3. Setelah itu ikan yang sudah tinggal dagingnya dicuci hingga bersih lalu dipotong-potong menjadi bagian yang kecil-kecil.
  4. Giling daging ikan hingga hancur dan lumat untuk memudahkan dalam proses pembuatan dendengnya.
  5. Langkah selanjutnya adalah mencampur bahan ampas tahu dengan bahan ikan yang telah digiling. Campurkan juga bumbu yang telah disiapkan sebelumnya. Aduk semua bahan itu hingga merata dan betul-betul menyatu.
  6. Adonan yang telah merasa tersebut kemudian dicetak dengan ukuran yang sama. Banyak alat cetak kue yang bisa digunakan untuk membuat tampilan dendeng limbah tahu menjadi sama. Setelah itu simpan dalam Loyang.
  7. Langkah terakhir adalah memasukkan cetakan dendeng pada loyang ke dalam oven untuk dipanaskan dengan suhu sekitar 70 derajat celcius. Pemanasan dilakukan selama 7 jam yang dimaksudkan untuk mengurangi kadar air guna menghilangkan mikrorganisme yang bisa menyebabkan timbulnya jamur.

Demikianlah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam proses pembuatan dendeng dengan cita rasa tahu ikan. Sebagai sebuah diversifikasi produk makanan, anda bisa menambahkan rasa pedas atau agak asam untuk memberikan rasa yang beragam. Semoga resep pembuatan dendeng ampas tahu ini berguna dan menginspirasi anda dalam memanfaatkan bahan-bahan murah di sekitarnya yang masih bisa dimanfaatkan.

Sumber gambar: image-google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...