Kuliner / Kue / Yuk Mencoba Membuat Keripik Kulit Pisang yang Renyah

Yuk Mencoba Membuat Keripik Kulit Pisang yang Renyah

Sudah pernah anda mencoba membuat keripik kulit pisang yang renyah dan nikmat? Buah pisang memang merupakan buah yang sangat popular dan banyak disukai semua orang. Selain dikonsumsi dalam bentuk segar, buah pisang juga makanan dalam bentuk olahan lainnya, seperti dijadikan pisang goreng, pisang rebus, kolak pisang, selai pisang, ataupun dijadikan keripik pisang.

Setelah buah pisang diambil buahnya, kulit pisang umumnya dibuang dan menjadi tumpukan sampah yang tak termanfaatkan dengan baik. Meskipun demikian ada juga yang memanfaatkannya sebagai makanan ternak. Tahukah anda bahwa kulit pisang pun ternyata memiliki kandungan gizi yang tidak sedikit yang terlalu sayang jika hanya untuk makanan ternak atau dibuang sebagai sampah.

Keripik Kulit Pisang

Dalam buah pisang itu sendiri terkandung banyak kandungan gizi yang amat penting bagi kesehatan tubuh. Diantaranya yang cukup besar adalan kandungan vitamin A dan C, , serat dan kandungan mineral lain yang berguna bagi tubuh.

Sedangkan kandungan gizi yang terdapat dalam kulit pisang ternyata juga tak kalah dengan buahnya. Unsur gizi yang cukup banyak terdapat dalam kulit pisang antara lain vitamin B dan C, karbohidrat, protein, kalsium, dan kandungan serat yang cukup tinggi.

Sebuah penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan juga menemukan sejumlah unsur gizi penting untuk tubuh, seperti vitamin B6 yang cukup tinggi maupun unsur serotonin yan cukup tinggi yang sangat berguna dalam menjaga mood. Penelitian itu juga menemukan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata juga berguna dalam mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata.

Gizi Kulit Pisang

Dengan besarnya kandungan gizi dan manfaat kulit pisang bagi kesehatan tubuh, terlalu sayang jika kulit pisang tidak dimanfaatkan dengan baik. Apalagi belum banyak orang yang melihat celah in sehingga hal ini tentunya akan dapat menjadi peluang usaha yang layak untuk dijalankan tanpa perlu modal besar.

Tahapan Cara Membuat Keripik Kulit Pisang

Jika selama ini keripik dibuat dari buah pisangnya, tak ada salahnya untuk mencoba membuat keripik kulit pisang. Apalagi rasa keripik kulit pisang tak kalah renyah dan enak dibandingkan keripik pisang. Nah, jika anda tertarik untuk mencoba membuatnya, ikuti saja uraian dibawah ini.

Membuat Keripik Kulit Pisang

Untuk bahan-bahan yang perlu disiapkan meliputi kulit pisang sebagai bahan utama, air kapur, tepung, gula, serta garam. Sedangkan untuk cara membuat keripik kulit pisang adalah sebagai berikut:

  1. Cuci kulit pisang yang telah disiapkan sebelumnya dengan air bersih.
  2. Siapkan sebuah mangkuk untuk dibuat larutan kapur perbandingkan jumlah kapur sebanyak setengah sendok teh dengan air 1 liter air dan aduk hingga merata. Setelah itu rendam kulit pisang dalam larutan air kapur tersebut selama sekitar 20 menit.
  3. Sambil menunggu proses rendaman kapur selesai, siapkan juga larutan garam dalam sebuah mangkuk lain dengan perbandingkan garam sebanyak satu sendok teh dan air 1 liter. Setelah itu masukkan kulit pisang yang tlah selesai dalam rendaman kapur untuk dimasukkan dalam rendaman garam selama skitar 20 menit juga.
  4. Sambil menunggu rendaman garam selesai, siapkan juga larutan gula dalam mangkuk terpisah dengan perbandingan 3 sendok makan gula dan air 1 liter. Setelah itu masukkan kulit pisang tadi ke dalam larutan gula ini juga selama kira-kira 20 menit.
  5. Setelah itu jemur kulit pisang tersebut selama sekitar 8 jam atau hingga kering. Penjemuran tidak mesti dilakukan di bawah terik sinar matahari langsung.
  6. Setelah kering, kulit pisang siap untuk digoreng untuk dijadikan keripik. Ada dua cara dalam menggoreng, pertama langsung digoreng dengan minyak goring, atau cara kedua dengan menggunakan tepung. Tambahkan bumbu tabur aneka rasa untuk menambah atau menyajikan variasi rasa yang lebih beragam. Lakukan kedua cara menggoreng itu hingga kulit pisang berwarna kuning kecoklatan yang menandakan telah matang menjadi keripik.
  7. Kemudian tiriskan dan keriping kulit pisang pun siap dihidangkan. Anda bisa membuat keripik kulit pisang untuk konsumsi sendiri ataupun untuk dijual dengan mengemasnya dalam bungkus kemasan yang menarik.

Sumber gambar:pixabay-google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...