Kuliner / Khas Daerah / Sate Rusa dari Ujung Timur Indonesia

Sate Rusa dari Ujung Timur Indonesia

sate rusaTeringat ketika pertama kali menginjakan kaki di ujung timur Indonesia tepatnya di kota Merauke. Saat itu saya bersama seorang teman diundang ke sebuah acara pesta seorang atasan kami. Tentu saja bagian paling ditunggu tentu saja acara makan-makanya. Tak lama berselang, waktu makan pun tiba, tak mau lama menunggu kami langsung tancap gas menuju hidangan yang sudah disiapkan. Kami merasa sedikit aneh karena ada sebuah menu yang kami tidak biasa dapatkan di kota asal kami yaitu sate rusa.

Sebenarnya tidak sulit mencari kuliner yang satu ini di kota Merauke, terang saja karena Merauke dijuluki sebagai “kota rusa”. Jumlah rusa liar masih banyak di daerah ini, meskipun sekarang populasinya sudah bergeser ke pelosok pinggiran, namun suplai daging rusa tetap melimpah.

Ketika jam menunjukan sekitar pukul 5 sore, aktifitas pedagang makanan pinggir jalan mulai menggeliat. Jumlahnya cukup banyak, dan salah satunya adalah warung langganan tempat kami biasa memesan sate rusa. Bertempat di jalan Raya Mandala yang merupakan jalan utama kota Merauke, tepat di depan rumah sakit PMI.

Rasa sate rusa memang khas, dagingnya ternyata tidak keras, agak mirip dengan sate kambing namun dengan aroma yang berbeda. Dagingnya terbilang lumayan lembut. Ada dua pilihan bumbu yang ditawarkan di warung ini, yaitu bumbu kecap dan bumbu kacang. Campuran keduanya pun akan memberikan citarasa yang berbeda. Satu porsi sate rusa dijual seharga 20 ribu rupiah dengan jumlah 10 tusuk sate. Tentu saja 10 tusuk sudah cukup untuk mengisi perut yang lapar.

Bagi anda yang sedang berkunjung ke kota Merauke, sangat sayang apabila tidak menyempatkan mencoba kuliner yang satu ini. Selamat Mencoba…

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...