Kuliner / Jajanan / Aneka Kreasi Pisang Goreng yang Menggugah Selera

Aneka Kreasi Pisang Goreng yang Menggugah Selera

Pisang goreng, siapa sih yang tidak suka dengan pisang goreng. Belovers juga pasti suka kan? Pisang goreng tidak hanya enak sekedar digoreng berbalut tepung lho..! Belovers juga bisa membuat pisang goreng dengan beragam kreasi yang unik dan tentunya enak di lidah. Nah, sebagai sumber inspirasi, berikut dalam tulisan ini Blogekstra.com akan berbagi beberapa kreasi pisang goreng yang menggugah selera.

Gambar: http://www.thecoffeecrowd.com

Gambar: http://www.thecoffeecrowd.com

Piscok (Pisang Coklat)

Piscok adalah sebutan populer dari pisang goreng coklat. Ini merupakan kreasi pisang goreng yang ditaburi dengan butiran coklat meises. Cara membuatnya sangat gampang sekali. Belovers pun pasti bisa membuatnya sendiri di rumah. Agar tidak penasaran, berukut adalah bahan-bahan dan cara membuatnya!

Adapun bahan-bahan yang diperlukan antara lain: buah pisang, susu kental manis, coklat meises, dan minyak untuk menggoreng. Untuk takaran masing-masing bahan dikira-kira saja sesuai selera masing-masing.

Setelah semua bahan tersedia, sekarang saatnya kita membuat Piscok. Langkah pertama kupas pisang, kemudia iris dua kali memanjang tidak sampai putus. Renggangkan irisan hingga buah pisang membentuk seperti kipas. Lakukan hal yang sama untuk buah pisang lainnya. Sementara itu siapkan wajan penggorengan di atas kompor yang menyala. Panaskan minyak goreng secukupnya. Goreng pisang hingga matang dan berwarna kecoklatan, angkat.

Selagi masih panas, tata pisang goreng di atas piring saji. Tekan pisang dengan punggung sendok agar sedikit remuk. Boleh ditekan, boleh tidak sih sesuai selera. Tujuan penekanan ini adalah agar cairan susu kental manis cepat meresap pada bagian pisang yang sedikit temuk karena tekanan pungguk sendok. Siram pisang goreng dengan susu kental manis sesuai selera. Terakhir taburi coklat meises di atasnya. Piscok siap disajikan!

Pisgor Coklat Keju (Pisang Goreng Coklat Keju)

Pisgor coklat keju pada dasarnya hampir sama dengan Piscok. Bedanya, pada Pisgor Coklat Keju ditambahkan taburan keju parut di atasnya. Sehingga pisang goreng menjadi lebih bervariasi rasanya.

Pisgor Inti Keju (Pisang Goreng Inti Keju)

Oke, kreasi pisang goreng selanjutnya adalah Pisgor Inti Keju (Pisang Goreng Inti Keju). Ini merupakan kreasi pisang goreng yang unik, dengan isi keju dan taburan gula pasir. Memang, untuk membuat kreasi pisang goreng satu ini kita membutuhkan bahan-bahan yang lebih banyak dan melalui tahap pengolahan yang lebih panjang. Tapi jangan salah, sensasi rasanya mampu menggoyang lidah dan membuat Anda mau lagi dan lagi.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kreasi pisang goreng ini antara lain: pisang tanduk matang, selai rasa buah (sesuai selera), keju lembaran, tepung terigu, air, garam, tepung panir kasar dan minyak untuk menggoreng.

Cara membuatnya, pertama kupas pisang tanduk, kemudian potong-potong dengan ukuran 5 cm. Belah potongan pisang, kemudian isi dengan selai dan potongan keju, sisihkan. Sementara itu siapkan larutan pencelupnya. Campurkan tepung terigu, air dan garam dengan takaran yang sesuai. Aduk hingga semua bahan tercampur merata. Celupkan potongan pisang yang sudah diisi dengan selai dan keju dalam larutan pencelup, kemudian gulingkan pada tepung panir. Lakukan hal yang sama untuk semua potongan pisang yang sudah disiapkan.

Terakhir, goreng potongan pisang keju dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan dan angkat. Pisgor keju berpasir siap disajikan bersama minuman favorit Anda.

Nah Belovers, kreasi pisang goreng mana yang Anda sukai? Silahkan dicoba di dapur Anda. Selamat berkreasi!

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...