Kuliner / Resep / Cah Jamur Ceria, Sajian Segar di Siang Hari

Cah Jamur Ceria, Sajian Segar di Siang Hari

Resep Cah Jamur Ceria – Menu makan siang enaknya yang segar-segar. Apalagi saat cuaca di siang hari sedang panas-panasnya. Menikmati hidangan yang segar membuat nafsu makan kita bertambah. Tentunya sajian segar tidak hanya nikmat, tapi juga harus bergizi.

Nah, sajian segar untuk makan siang kita kali ini adalah Cah Jamur Ceria. Cah jamur Ceria adalah olahan jamur merang, kol dan brokoli yang dimasak dengan bumbu tumisan dan merica bubuk. Olahan jamur dan sayuran dengan sedikit kuah ini memberikan nuansa segar pada hidangan kita. Sedangkan, warna-warni sayuran dan jamur memberikan kesan ceria. Sehingga sajian ini saya namai dengan Cah Jamur Ceria.

Cah Jamur Ceria

dapurelkaje.wordpress.com

Berbicara tentang gizi, sajian Cah Jamur Merang Ceria ini sangat bergizi. Lihat saja bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya. Ada jamur merang yang dikenal sangat bergizi dan kaya serat. Juga sumber protein nabati yang baik bagi tubuh. Demikian juga dengan wortel dan brokoli. Selain kaya serat sayuran ini juga diketahui memiliki kandungan nutrisi yang baik. Seperti antioksidan, vitamin dan mineral. Selain itu, daging ayam juga menjadi sumber serat dan protein hewani yang baik bagi tubuh.

Nah, belovers sangat tepat jika Anda menyajikan Cah Jamur Ceria ini untuk menu makan siang Anda. Cara mengolahnya sangat mudah, bahan-bahannya mudah di peroleh dan yang terpenting adalah bergizi. Tertarik untuk mencoba? Berikut disajikan Resep Cah Jamur Merang Ceria yang bisa Anda praktekkan!

Bahan-Bahan:

  • 250 gram jamur merah, suwir suwir sesuai selera
  • 250 gram brokoli, potong-potong
  • 1 buah wortel, potong bulat
  • 1 ons daging ayam, tanpa tulang
  • 1 gelas air
  • Daun bawang secukupnya, potong menyerong

Bahan Bumbu

  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 buah bawang bombay, iris memanjang
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • Udang kering yang sudah dihaluskan, sesuai selera
  • Merica halus, garam dan gula secukupnya
  • 5 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat

  1. Semua sayuran yang sudah dipotong-potong dicuci secara terpisah. Kemudian tiriskan pada tempat sendiri-sendiri, jangan dicampur.
  2. Ambil satu gelas air, kemudian panaskan hingga mendidih, angkat.
  3. Masukkan jamur merang ke dalam air yang sudah mendidih tersebut. Rendam sambil diaduk-aduk hingga layu, kemudian tiriskan. Peras hingga keluar airnya.
  4. Panaskan minyak, kemudian tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan potongan daging ayam dan aduk hingga bekaldu. Jika tumisan terlalu kering, tambahkan sedikit air.
  5. Masukkan wortel dan brokoli sambil diaduk-aduk. Tambahkan sedikit air, garam, merica, ebi dan gula.
  6. Masukkan jamur yang sudah ditiriskan, aduk-aduk sebentar hingga bumbu meresap. Angkat dan siap disajikan bersama menu makan siang Anda.

Demikianlah Resep Cah Jamur Ceria. Selamat mencoba!

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...