Kuliner / Lain-lain / Cara Membedakan Ikan Segar dengan yang Sudah Disimpan dalam Freezer

Cara Membedakan Ikan Segar dengan yang Sudah Disimpan dalam Freezer

Belovers, ketika berbelanja di pasar Anda pasti lebih memilih ikan segar dari pada ikan yang sudah dibekukan atau disimpan dalam freezer bukan? Ya, ikan segar memiliki cita rasa yang jauh lebih enak dan segar dari pada yang sudah disimpan dalam kotak pendingin. Selain itu, kandungan nutrisi ikan jauh lebih baik dari pada yang sudah disimpan lama. Sekalipun penyimpanan ikan tersebut dilakukan dalam freezer.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara membedakan ikan segar dengan ikan yang sudah disimpan dalam freezer? Secara sepintas mungkin ikan segar dan ikan yang sudah disimpan dalam freezer memiliki ciri fisik yang tidak jauh berbeda. Jika tidak berpengalaman, kita bisa terkecoh dengan penampilan fisiknya. Namun, jika diperiksa lebih teliti, kita akan menemukan beberapa ciri khas untuk membedakan keduanya.

okezone.com

gambar:okezone.com

Bagaimana cara membedakannya? Nah, berikut dalam artikel ini Blogekstra.com akan membagikan info cara membedakan ikan yang masih segar dengan yang sudah disimpan dalam freezer. Caranya sangat mudah yaitu dengan perhatikan bagian-bagian dari ikan berikut ini:

Pertama: Insang

Cara yang paling umum untuk membedakan ikan segar dengan ikan yang sudah disimpan lama dalam freezer adalah dengan melihat insangnya. Ikan yang masih segar memiliki insang yang berwarna nerah segar. Sementara ikan yang sudah disimpan lama dalam freezer, insangnya berwarna pucat. Dengan satu ciri ini saja sebenarnya kita sudah bisa membedakan mana ikan yang masih segar dan mana yang tidak. Namun tidak ada salahnya juga kita mencoba untuk mengetahui ciri-ciri lainnya.

Kedua: Kulit dan Sisik

Perhatikan kulit dan sisik ikan yang akan kita pilih. Ikan segar memiliki kulit yang tampak segar dan cerah. Sementara, ikan yang sudah disimpan lama dalam freezer cenderung tampak pucat. Mengapa demikian? Karena ikan segar dagingnya masih dialiri darah segar. Sementara ikan yang sudah disimpan lama, darahnya sudah kering atau membeku.

Bagaimana dengan ciri sisik ikan? Ikan segar biasanya memiliki sisik yang masih utuh melekat pada dagingnya. Berbeda dengan ikan yang sudah disimpan lama. Ikan yang sudah disimpan lama, sisiknya umumnya sudah lepas-lepas. Sehingga terkadang ditemui sudah tanpa sisik.

Ketiga: Daging

Cara lainnya adalah dengan menekan-nekan dagingnya. Ikan segar dagingnya masih elastis. Jika ditekan daging akan mengikuti arah tekanan, namun ia akan kembali seperti semula setelah dilepas. Namun hal tersebut tidak berlaku pada ikan yang sudah disimpan lama dalam freezer. Ikan yang sudah disimpan lama dalam freezer, jika ditekan dagingnya akan tetap atau tidak kembali seperti semula setelah dilepas. Daging yang ditekan menjadi cekung dan rusak akibat tekanan.

Nah belovers, demikian cara mudah untukk membedakan ikan segar dengan ikan yang sudah disimpan dalam freezer. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...