Kuliner / Jajanan / Cara Membuat Kroket Mie Keju untuk Bekal Si Kecil

Cara Membuat Kroket Mie Keju untuk Bekal Si Kecil

Cara membuat kroket mie keju – Menyiapkan bekal bagi si kecil terkadang gampang-gampang susah. Rutinitas menyiapkan bekal untuk si kecil seringkali menimbulkan momok bagi ibu. Apalagi, anak-anak terkadang gampang bosan dengan menu yang itu-itu saja. Sebagai seorang ibu, Anda tentunya perlu membuat variasi menu untuk bekal si kecil. Agar si kecil tidak bosan dan selalu senang dengan menu bekal yang Anda siapkan untuk mereka.

Bekal untuk Si Kecil

Kroket Mie KejuMenyiapkan bekal sekolah untuk si kecil pada dasarnya tidak sekedar menyediakan menu snack atau makanan saja, Karena, kalau hanya sekedar snack atau makanan kecil, toh anak bisa mendapatkannya dengan mudah di warung sekolah. Akan tetapi, menu bekal untuk si kecil haruslah memenuhi beberapa kriteria berikut, yaitu:

–          Sehat

Syarat pertama untuk menu bekal si kecil adalah sehat. Ini adalah syarat yang mutlak. Karena, salah satu alasan mengapa kita repot-repot menyediakan bekal untuk si kecil adalah karena kita ingin memastikan anak-anak mengkonsumsi menu yang sehat di sekolah. Nah karenanya, ketika menyiapkan menu kita perlu memastikan bahwa menu tersebut sehat dan bergizi.

Untuk memastikan menu bekal yang disiapkan sehat dan bergizi harus dimulai dari memilih bahan-bahannya. Pastikan bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang sehat berkualitas tinggi. Hindari penggunaan pewarna dan pengawet sintetis yang berbahaya bagi kesehatan si kecil. Kemudian perhatikan juga proses pengolahannya. Pastikan, proses pengolahan makanan hegienis dan tidak menghilangkan nilai gizi dari bahan-bahan yang diolah.

–          Gampang mengolahnya

Mungkin sebagian dari kita tidak memiliki waktu yang banyak untuk menyiapkan bekal si kecil. Solusinya, sediakan menu-menu yang praktis dan gampang untuk diolah. Yang pasti tidak membutuhkan waktu lama untuk mengolahnya. Atau menu-menu yang bisa dibuat setengah jadi terlebih dahulu, kemudian paginya tinggal digoreng atau dikukus. Jadi lebih praktis, ya seperti kroket mie keju ini.

–          Unik

Membawa bekal dari rumah seharusnya menjadi kebanggaan tersendiri bagi anak. Nah, agar si kecil selalu bersemangat membawa bekal, siapkan bekal yang unik untuknya. Bekal dengan bentuk dan rasa yang unik, membuat anak bangga menunjukkan bekal tersebut dengan teman-temannya. Secara tidak langsung hal itu juga akan memotivasi teman-temannya untuk membawa bekal juga dari rumah. Dan akhirnya anak-anak jauh akan lebih menyukai bekal yang dibawa dari rumah dari pada jajan.

Cara Membuat Kroket Mie Keju

Untuk membuat kroket mie keju, kita perlu menyediakan dua jenis bahan, yakni bahan utama dan bahan pelapis. Adapun bahan-bahan utama yang dibutuhkan yaitu:

–          100 gram mie kering, rebus dan tiriskan

–          50 gram mentega

–          ½ buah bawang bombai, iris kasar

–          50 gram tepung terigu

–          250 ml susu cair

–          75 gram keju, parut

–          50 gram wortel, potong dadu dan rebus beberapa saat

–          50 gram kacang polong

–          ½ sdt garam

–          ¼ sdt pala bubuk

–          ¼ lada bubuk

–          ½ sdt gula pasir

–          ½ sdt kaldu ayam bubuk

–          Minyak goreng untuk menggoreng

Selanjutnya, sediakan juga bahan-bahan pelapis seperti di bawah ini:

–          50 gram tepung terigu

–          2 butir telur

–          125 gram tepung terigu

Setelah semua bahan tersedia selanjutnya kita bisa langsung membuat kroket mie keju. Bagaimana caranya? Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini!

Pertama kita siapkan terlebih dahulu adonan utamanya. Lelehkan margarin untuk menumis bawang bombay. Tumis bawang bombai hingga mengeluarkan aroma harum. Masukkan tepung terigu, aduk hingga menggumpal. Kemudian tuangkan susu cair sambil diaduk dengan cepat. Masak hingga adonan mengental dan permukaan adonan meletup-letup.

Selanjutnya masukkan parutan keju, wortel, kacang polong, garam, pala, lada, gula dan kaldu bubuk dan mie, sambil terus diaduk rata. Masak terus adonan hingga matang, angkat dan dinginkan.

Ambil satu sendok makan adonan, bentuk bulat-bulat atau sesuai selera. Lumuri adonan dengan tepung terigu, celupkan ke dalam putih telur dan terakhir lumuri dengan tepung roti. Buat hingga seluruh adonan habis dan simpan dalam lemari pendingin hingga beku. Selanjutnya, bola-bola kroket bisa digoreng kapan pun kita inginkan. Goreng bola-bola kroket dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Setelah matang angkat dan kroket mie keju siap disajikan.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...