Kuliner / Nusantara / Cara Membuat Pisang Karamel Baturaja Saus Strawbery

Cara Membuat Pisang Karamel Baturaja Saus Strawbery

Cara membuat pisang karamel Baturaja – Pisang karamel Baturaja merupakan salah satu bentuk olahan unik berbahan dasar pisang. Di mana pada olahan ini, pisang dibalut dengan manis dan segarnya karanel lemon dan siraman saus strawbery. Cocok disajikan sebagai hidangan penutup ataupun camilan manis untuk menemani acara santai Anda bersama keluarga.

Gambar: go-detik.blogspot.com

Gambar: go-detik.blogspot.com

Semua jenis pisang bisa digunakan untuk membuat Pisang Karamel Baturaja Saus Strawbery. Tapi sebaiknya pilih pisang yang berukuran kecil, agar karamel lemon bisa menyerap sempurna. Jika Anda menggunakan pisang yang berukuran besar –misalnya pisang kepok–, pisang tersebut sebaiknya di belah menjadi dua atau tiga bagian terlebih dahulu. Sehingga ukuran pisang tidak terlalu tebal.

Oh ya, sebelumnya Anda perlu tau beberapa tips memilih buah pisang untuk diolah. Agar olahan Pisang Karamel Baturaja Saus Strawbery buatan Anda lebih enak. Nah, berikut adalah beberapa tips memilih buah pisang yang baik:

  1. Pilih buah pisang yang berbentuk bulat, berwarna kuning. Jangan pilih pisang yang sudah berwarna kecoklatan.
  2. Pilih buah pisang yang sudah tua namun masih segar.
  3. Hindari memilih pisang yang pada kulitnya banyak terdapat bintik hitam atau coklat, karena kemungkinan pisang seperti ini tidak sehat dan keras.

Pisang  merupakan jenis buah lokal yang murah dan mudah ditemukan di pasaran. Meskipun demikian, buah ini bukanlah buah murahan. Buah pisang memiliki kandungan gizi yang baik dan kaya akan kandungan mineral. Buah pisang diketahui kaya akan Kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Selain itu pisang juga kaya akan vitamin C, B kompleks, B6 dan serotin.

Nah, ternyata tidak salah kan kita memilih buah pisang untuk bahan dasar menu olahan kita kali ini. Apalagi setelah kita mengetahui kandungan nutrisi yang kaya dari buah satu ini. Baik, sekarang yuk kita simak cara membuat pisang karamel Baturaja saus strawbery.

Bahan-bahan

–          3 buah pisang (semua jenis pisang bisa digunakan)

–          Mentega

–          Karamel lemon

–          Sukade (potongan buah kering warna-warni)

–          Coklat butiran atau meises

–          Saus Strawbery

Cara Membuat

  1. Pilih pisang yang baik, cukup matang, berbentuk bulat dan berukuran sedang tidak terlalu besar. Pisang dikupas, jika pisang berukuran besar sebaiknya dibelah menjadi dua atau tiga bagian.
  2. Panaskan mentega secukupnya di atas wajan anti lengket untuk menggoreng.
  3. Goreng pisang dengan margarin yang sudah mencair tersebut. Kenapa dipilih margarin? Selain aromanya lebih harum, pisang yang digoreng juga tidak bergelimang minyak.
  4. Setelah agak matang, tambahkan beberapa sendok karamel lemon sesuai selera. Oh ya, karamel lemon bisa Anda buat sendiri. Caranya; panaskan gula hingga mencair kemudian angkat dan tambahkan perasan lemon secukupnya.
  5. Bolak balik pisang di atas wajan agar semua bagian pisang berbalut karamel.
  6. Setelah kering, pisang diangkat dan ditata pada piring saji.
  7. Siram pisang karamel yang sudah ditata dengan saus strawbery. Untuk mempercantik penyajian, taburkan sukado dan coklat butiran di atasnya.

Nah, demikianlah cara membuat Pisang Karamel Baturaja Saus Strawbery. Pisang Karamel Saus Strawbery bisa disajikan dengan mewah ala restoran.  Anda bisa menyajikan Pisang Karamel Baturaja Saus Strawbery bersama es krim strawbery.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...