Kuliner / Jajanan / Dendeng Paru Daun Ubi, Dendeng Hijau nan Gurih

Dendeng Paru Daun Ubi, Dendeng Hijau nan Gurih

Belovers, dalam dunia kuliner dendeng bukan hal yang asing lagi. Dendeng merupakan olahan daging setengah jadi. Karena untuk bisa dinikmati, biasanya dendeng masih harus diolah lebih lanjut. Namun, yang dimaksud dengan dendeng paru daun ubi pada tulisan ini tidak terbuat dari daging. Melainkan dari daun ubi yang diolah dengan cara tertentu.

Dendeng Paru Daun Ubi

Dendeng Paru Daun Ubi

Dendeng Paru Daun Ubi, Apa Sih?

Ya, apa sih yang dimaksud dengan dendeng paru ubi? Dendeng paru ubi adalah dendeng yang terbuat dari daun ubi. Yakni adonan daun ubi dan tepung kanji yang direkat dengan telur. Adonan yang sudah dikukus kemudian diiris tipis-tipis menyerupai dendeng. Inilah mengapa kemudian kuliner ini dinamakan dengan dendeng paru ubi.

Cara Membuat Dendeng Paru Ubi

Pertama siapakan bahan dan bumbunya. Bahan yang diperlukan untuk membuat masakan ini adalah 1 Kg daun ubi, 16 butir telur ayam, dan ½ Kg tepung kanji. Adapun untuk bahan bumbu adalah 15 siung bawang merah, 10 siung bawang putih, 1 sendok makan ketumbar, 1 ons cabe merah da garam secukupnya.

Rebus daun ubi hingga lunak, angkat kemudian tiriskan. Peras rebusan daun ubi hingga tidak ada lagi air yang menetes. Kemudian potong-potong daun ubi dengan pisau tajam, sisihkan. Sementara itu siapkan bumbu-bumbunya dan giling hingga halus, sisihkan.

Kocok telur hingga kuning dan putihnya tercampur merata. Tambahkan bumbu halus dan tepung kanji, aduk rata. Setelah semua bahan tercampur merata, masukkan daun ubi sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk. Pastikan semua daun ubi telah dimasukkan dan tercampur merata dalam adonan.

Siapkan kukusan untuk mengukus. Isi dengan air dan panaskan. Sementara itu, siapkan loyang untuk mencetak dendeng paru ubi. Alasi loyang dengan plastik agar tidak lengket. Masukkan adonan ke dalam loyang. Adapun ketebalan adonan terserah bisa dibuat sesukanya dan sesuai dengan ukuran loyang.

Pastikan air yang dipanaskan dalam kukusan sudah mendidih. Setelah mendidih, masukkan loyang berisi adonan. Tutup dandang kukusan dengan penutup kukusan yang sudah dibungkus dengan kain atau sapu tangan. Kukus hingga adonan matang.

Adapun ciri-ciri adonan dendeng yang sudah matang adalah, tercium aroma khas dari kukusan. Jika sudah matang, angkat adonan dan dinginkan. Jika adonan sudah dingin potong tipis-tipis menyerupai dendeng. Selanjutnya goreng dendeng dengan minyak goreng. Untuk camilan dendeng paru ubi bisa digoreng kering ataupun digoreng lembab sesuai selera. Agar lebih nikmat sajikan dendeng paru ubi dengan cabe rawit gigit dan saus cabe.

Gurih dan Sehat

Dendeng paru ubi memiliki cita rasa yang khas. Sensasi pahit dari daun ubi masih terasa. Namun, perpaduan bumbu, daun ubi dan telur mampu menciptakan cita rasa gurih diantara sensasi pahit daun ubi. Jikka digoreng kering akan terasa lebih kriuk. Digoreng basahpun tetap enak di lidah. Sehingga, dendeng paru daun ubi ini cocok menjadi jajanan alternatif yang sehat dan murah untuk buah hati Anda.

Menariknya, adonan dendeng paru ubi tidak harus lengsung digoreng. Jika Anda tidak sempat menggoreng, atau adonan terlalu banyak Anda bisa menyimpannya dalam lemari es. Ketika ingin menikmatinya, adonan bisa langsung digoreng. Sehingga lebih praktis dan irit. Membuat adonan satu kali, tapi bisa digoreng berkali-kali.

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...