Kuliner / Lain-lain / Kelebihan Membungkus Makanan dengan Daun Pisang

Kelebihan Membungkus Makanan dengan Daun Pisang

Pernah melihat makanan dibungkus dengan daun pisang? Jika Anda tinggal di desa mungkin tidak asing lagi dengan bungkusan daun pisang ini. Biasanya ibu-ibu di daerah pedesaan menggunakan daun pisang untuk membungkus kue atau bahan-bahan makanan yang akan di masak. Sebut saja jenis masakan pepes, botok, lemper, lepat dan lainnya yang sebelum dimasak dibungkus dengan daun pisang terlebih dahulu. Demikian juga dengan nasi panggang, lontong pun terkadang dibungkus dengan daun pisang.

Daun Pisang

Sebelum kertas dan plastik populer digunakan sebagai pembungkus, daun pisang memiliki peranan penting untuk membungkus makanan. Biasany digunakan untuk membungkus lontong sayur, lotek, sate padang, jajanan tradisional bahkan nasi. Sayangnya, sekarang fungsi daun pisang sebagai pembungkus ini, sudah banyak digantikan oleh kertas dan plastik. Padahal, sebenarnya dari segi manfaat jauh lebih unggul dari pada kertas dan plastik.

Nah Belovers, apa sih manfaat membungkus makanan dengan daun pisang? Berikut dalam tulisan ini Blogekstra.com akan menguraikannya satu persatu.

Aroma Khas Daun Pisang Bermanfaat untuk Menyedapkan Cita Rasa Makanan

Daun pisang memiliki aroma khas yang dapat menambah cita rasa sedap pada masakan Anda. Aroma tersebut akan semakin terasa ketika daun pisang terkena suhu pada pada proses pemasakan. Hal ini bisa dirasakan pada cita rasa pepes, lemper dan jenis masakan lain yang dibungkus dengan daun pisang. Aroma khas tersebut muncul karena daun pisang mengandung polifenol dalam jumlah besar.

Memiliki Lapisan Lilin yang Bermanfaat Mencegah Cairan Makanan Tumpah

Daun pisang memiliki lapisan lilin pada permukaannya. Lapisan lilin ini bersifat licin dan kedap air. Karena itu, daun pisang dapat digunakan untuk membungkus makanan yang berkuah seperti lontong sayur dan sejenisnya. Anda tidak perlu khawatir kuahnya akan tumbah dalam bungkusan tersebut. Tentunya dengan catatan Anda membungkusnya dengan benar dan daun pisang yang digunakan tidak robek. Karena, lapisan lilin pada permukaan daun pisang akan menahan cairan yang ada di atasnya agar tidak merembes ke bawah.

Nah Belovers, itulah manfaat membungkus makanan dengan daun pisang. Semoga bermanfaat!

*sumber gambar: jurnalasia.com

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...