Kuliner / Resep / Kue Lapis Warna-Warni Ceria untuk Berbuka Puasa

Kue Lapis Warna-Warni Ceria untuk Berbuka Puasa

Berbuka puasa ramadhan rasanya belum lengkap tanpa ditemani dengan aneka kue mueh dan jajanan yang mengundang selera. Rasanya bosan juga ya kalau harus membeli jajanan takjil di luar. Mengapa sekali-kali tidak mencoba membuat kue sendiri? Tentunya dengan membuat sendiri lebih enak dan suasana berbuka Anda menjadi lebih berkesan. Selain itu, Anda juga bisa berbagi kue takjil bikinan Anda dengan tetangga dan sanak keluarga yang lain untuk mempererat hubungan silaturahmi. Nah, mungkin resep sederhana Kue Lapis Warna Warni Ceria berikut bisa menjadi panduan bagi Anda.

Sumber Gambar: www.resepmaknyus.com

Sumber Gambar: resepmaknyus.com

Bahan-bahan

  • ±1000 ml santan dari 2 butir kelapa.
  • 250 gram tepung beras
  • 50 gram tepung kanji
  • 250 gram gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 1-2 lembar daun pandan
  • 2 sdm pasta pandan
  • 1 sdt pewarna hijau
  • 1 sdt pewarna pink

Cara membuat

Terlebih dahulu rebus santan, garam dan daun pandan hingga mendidih sambil di aduk-aduk, sisihkan. Campurkan tepung beras, tepung kanji,dan gula menjadi satu, kemudian aduk rata. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk agar campuran tidak menggumpal. Bagi adonan kue lapis menjadi dua. Satu bagian diberi pasta pandan dan pewarna hijau. Sementara bagian lainnya diberi pewarna pink.

Sementara itu siapkan loyang untuk mencetak kue lapi. Olesi loyang dengan minyak goreng dan beri plastik di atasnya, agar kue lapis yang dimasak tidak lengket pada loyang nantinya. Siapkan  juga kukusan yang sudah berisi air. Panaskan kukusan hingga beruap.

Lapisan kue dikukus secara bertahap. Nah, untuk lapisan awal, tuangkan 2-3 sendok sayur adonan hijau dalam loyang, kemudian kukus selama lebih kurang 10 menit. Kemudian untuk lapisan kedua, tuangkan 1-2 sendo sayur adonan kue lapis warna pink, lalu kukus selama lebih kurang 5 menit. Lanjutkan dengan menambahkan 1-2 sendok adonan warna hijau, kukus selama 5 menit. Lapisan selanjutnya, adonan warna pink dan seterusnya sampai adonan habis.

Terakhir, setelah semua adonan membuat kue lapis habis, kukus selama 30 menit. Kemudian angkat dan diamkan. Setelah dingin kue lapis siap dipotong-potong untuk disajikan sebagai menu berbuka Anda. Oh ya, untuk memotong kue lapis dengan rapi, lapisi pisau pemotong dengan plastik bening yang sudah diolesi dengan minyak.

OK, selamat mencoba!

Note: pilihan warna bisa disesuaikan dengan selera Anda!

Sumber resep: Rubrik Dapur UMMI, Majalah UMMI No. 08/XXI Desember 2009/1430 H.

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...