Kuliner / Jajanan / Lumpia Sehat, Cocok untuk Anda yang Lagi Diet Langsing

Lumpia Sehat, Cocok untuk Anda yang Lagi Diet Langsing

Belovers, Anda pastinya kenal dengam lumpia bukan. Boleh jadi Anda adalah salah seorang penggemar jenis jajanan gurih satu ini. Tapi, seperti halnya gorengan lainnya, lumpia merupakan camilan tinggi kalori. Sangat tidak disarankan bagi Anda yang lagi berikhtiar mendapatkan tubuh yang langsing.

Tapi belovers tidak perlu khawatir dengan lumpia satu ini. Sebagaimana namanya, camilan satu ini merupakan jenis camilan lumpia. Namun lumpia satu ini berbeda. Terbuat dari bahan-bahan dan bumbu yang sehat dan bergizi. Lumpia sehat merupakan camilan yang terbuat dari tumisan sayuran dan daging kepiting yang dibungkus dengan kulit lumpia. Selain itu, lumpia sehat ini dalam proses pengolahannya tidak digoreng. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kandungan kolesterolnya.

Oleh karena itu, lumpia sehat merupakan camilan yang sangat cocok untuk Anda yang lagi menjalankan program diet langsung. Tidak hanya itu, lumpia sehat juga baik untuk penderita diabetes karena rendah kalori.

Gambar: http://www.tzuchi.or.id

Gambar: http://www.tzuchi.or.id

Nah Belovers, siapa sih yang tidak suka mengkonsumsi camilan sehat? Belovers tentunya juga ingin kan? Tapi sayangnya camilan Lumpia Sehat ini jarang ditemukan di warung-warung snack. Tidak seperti lumpia goreng yang bisa diperoleh dengan mudah di warung-warung snack dan jajanan pasar.

Tapi, sahabat Belovers tidak usah khawatir. Berikut dalam tulisan ini Blogekstra.com akan berbagi informasi resep Lumpia Sehat yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah? Belovers tertarik untuk mencoba? Yuk simak resep berikut!

Bahan dan Bumbu untuk Membuat Lumpia Sehat

Bahan dan bumbu untuk membuat Lumpia Sehat berikut tidaklah baku. Anda bisa saja menggantinya dengan bahan-bahan lain sesuai selera Anda. Selama bahan-bahan tersebut masih memiliki kandungan nutrisi yang sebanding dengan bahan-bahan yang digantikannya.

Baiklah Belovers, berikut adalah bahan dan bumbu yang diperlukan untuk membuat Lumpia Sehat, yaitu:

  • 3 lembar kulit lumpia
  • 50 gram daging kepiting
  • 3 lembar daun selada
  • 25 gram wortel, iris halus memanjang.
  • 25 gram buncis, iris halus memanjang.
  • 25 gram bengkuang, iris halus memanjang.
  • 3 buah jamur hitam, direndam dan diiris-iris tipis.
  • 2 buah cabe hijau, iris menyerong.
  • 2 buah cabe merah, iris menyerong
  • 1 siung bawang putih, giling halus.
  • 2 sendok makan kecap manis dan asin
  • Merica dan garam secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis secukupnya.

Cara Membuat Lumpia Sehat

Tumis bawang putih halus hingga harum dan menguning. Masukkan irisan cabe hijau dan merah, aduk-aduk beberapa saat hingga layu. Kemudian tambahkan daging kepiting, irisan wortel, buncis, bengkuang, dan jamur hitam sambil diaduk-aduk agar bumbu tercampur dan masak merata. Terakhir masukkan bumbu-bumbu lain secukupnya dan aduk sampai rata. Masak hingga tumisan matang atau setengah matang sesuai selera, angkat dan dinginkan.

Selanjutnya ambil selembar kulit lumpia, beri selembar daun selada di atasnya. Tambahkan satu atau dua sendok tumisan sayuran di atasnya. Kemudian gulung seperti lumpia biasanya. Lakukan hal yang sama untuk kulit lumpia lainnya dan tata pada piring saji. Lumpia Sehat siap disajikan sebagai camilan sehat keluarga Anda.

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

2 comments

  1. lumpia cocok untuk diet???wah referensi baru ni…thanks ya…cobain juga sis..wedhang santap minuman cocok untuk diet

  2. mungkin karena sayur2annya.
    tapi kalo menggorengnya ga bagus, ya sama aja..

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...