Kuliner / Lain-lain / Macam-macam Bumbu Dapur yang Memperkaya Rasa (Bagian 1)

Macam-macam Bumbu Dapur yang Memperkaya Rasa (Bagian 1)

Apa jadinya jika masakan tidak diberi racikan bumbu dapur? Pasti tidak akan ada enaknya sama sekali. Kehadiran bumbu dengan takaran yang sedikit tersebut justru memberikan efek besar dalam membentuk rasa dan menggugah selera. Anda tau apa yang membuat kuah sop terasa enak? Bukan karena dagingnya yang mahal, akan tetapi justru karena perpaduan bahan bumbu sop yang ditambahkan ke dalamnya. Jika tidak ada bumbu, niscaya daging akan terasa hambar di lidah.

Sebagai pecinta kuliner sejati, yuk kita kenali si penyulap rasa ini satu persatu!

Bawang

Gambar Bawang

Gambar: www.theants44.blogspot.com

Rasanya nama bumbu satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Baik bagi mereka yang akrab dengan dapur maupun yang tidak pernah bersentuhan dengan dapur. Karena, bumbu satu ini sudah sangat umum di gunakan dalam masakan. Hampir semua jenis masakan khas Indonesia menggunakan bawang sebagai bumbu dasarnya. Kekuatan bawang dalam masakan adalah ia mampu menghasilkan aroma harum yang khas dan rasa gurih pada masakan.

Bawang ini banyak jenisnya dan semua berfungsi sebagai bumbu dapur. Namun yang paling umum ditemukan ada tiga yaitu: 1) bawang merah, 2) bawang putih, dan 3) bawang bombay. Bawang merah dan bawang putih paling umum digunakan dalam kuliner Indonesia. Seperti oseng-oseng, tumisan, sambal goreng, gulai, sop dan lainnya. Bawang putih memiliki bau yang lebih tajam dari bawang merah, sehingga umumnya digunakan dalam jumlah yang sedikit. Bawang bombay juga sering digunakan untuk menumis, membuat saos, masakan semur dan lainnya. Bawang bombay mentah aromanya sangat tajam. Namun setelah diolah aromanya akan hilang dan memberikan cita rasa sedikit manis pada masakan.

Cabe

Gambar Cabe Merah

Gambar: www.infomanfaat.com

Cabe umumnya seiring sejalan dengan bawang dalam menyedapkan masakan. Kedua macam bumbu ini jarang sekali terpisahkan. Irisan bawang seringkali dipadukan dengan irisan cabe untuk menciptakan cita rasa yang khas. Seperti ketika membuat oseng-oseng, irisan bawang tidak akan lengkap tanpa ditemani dengan irisan cabe. Begitu juga ketika membuat sambal gorenga. Cabe giling akan terasa aneh jika tidak dicampur dengan bawang. Demikian juga untuk membuat bumbu-bumbu lainnya. Sangat jarang kita temukan dua jenis bumbu ini terpisah satu sama lain.

Cabe yang dikenal sebagai bumbu dapur secara umum terdiri dari 3 jenis, yaitu: 1) cabe rawit, 2) cabe merah, 3) paprika. Cabe rawit disebut juga dengan cabe kecil. Memiliki rasa yang sangat pedas menggigit. Umumnya digunakan untuk bumbu acar, gulai, dan kuliner pedas lainnya. Namun, seringnya digunakan dalam jumlah sedikit dan penambah rasa pedas pada bumbu saja. Karena rasanya yang memang ekstra pedas. Cabe merah juga memberikan cita rasa pedas pada masakan, namun level pedasnya masih di bawah cabe rawit. Umum digunakan untuk membuat cabe goreng, gulai, oseng-oseng, dan lainnya. Sementara cabe paprika adalah jenis cabe yang memiliki rasa manis, tidak pedas seperti jenis lainnya. Pada kuliner khas Indonesia paprika jarang digunakan. Namun dalam kuliner modern, penggunaan paprika sudah sangat umum ditemukan.

Ketumbar

Gambar Ketumbar

Gambar: www.health.kompas.com

Ketumbar juga sangat populer digunakan dalam kuliner Indonesia, terutama di daerah sumatera. Ketumbar biasanya digunakan untuk rempah gulai dan masakan-masakan bersantan. Ketumbar tidak memberikan rasa pedas pada masakan seperti halnya merica. Bumbu ini hanya memberikan aroma wangi saja pada masakan.

Bentuk ketumbar hampir mirip dengan merica. Yaitu berbentuk bulat kecil, namun teksturnya lebih lunak, berserat kasar, dan ringan. Cenderung mengapung jika dimasukkan dalam air. Sebagai bumbu dapur, ketumbar harus digiling terlebih dahulu hingga halus. Biasanya digiling bersama rempah-rempah lainnya sebelum digunakan untuk mengolah masakan.

–Bersambung ke bagian 2–

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...