Kuliner / Dunia / Melihat Ragam Menu Sarapan dari Berbagai Belahan Dunia

Melihat Ragam Menu Sarapan dari Berbagai Belahan Dunia

Sarapan (Breakfast) atau makan pagi merupakan hal yang sangat dianjurkan. Sarapan berperan memberikan asupan energi yang cukup bagi tubuh. Terutama untuk beraktivitas dari pagi hingga siang hari. Ahli gizi dan kesehatan menyarankan agar sarapan sudah dilakukan sebelum jam sembilan pagi. Terutama untuk anak-anak dan para pekerja yang membutuhkan energi cukup untuk konsentrasi dan aktivitas fisik.

Berbicara tentang sarapan menu sarapan ternyata sangat erat kaitannya dengan kultur setiap bangsa. Setiap negara bahkan daerah memiliki menu sarapan yang khas yang sudah menjadi tradisi. Diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Sehingga kemudian, di dunia kuliner kemudian kita mengenal beberapa style menu sarapan. Nah, dalam tulisan ini Blogekstra.com akan mengulas beberapa style menu sarapan di berbagai belahan dunia.

Ragam Menu Sarapan Ala Asia

Gambar: carapedia.com

Gambar: carapedia.com

Di negara-negara Asia menu sarapan yang disajikan umumnya berbasis beras. Masyarakat Asia mengolah beras menjadi menu sarapan yang lebih praktis dan ringan untuk dikonsumsi di pagi. Meski tidak jarang juga ditemui menu sarapan yang tidak jauh berbeda dengan menu makan siang dan malam. Terutama untuk masyarakat pedesaan yang aktivitas harian mereka membutuhkan energi yang besar. Seperti petani, nelayan, pekebun, buruh dan pekerja berat lainnya. Mereka cenderung tidak membedakan menu sarapan dengan menu makan siang.

Di Indonesia kita mengenal beragam menu sarapan yang pada umumnya berbasis beras. Sebut saja diantaranya; nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk, bubur, lontong, mie rebus, dan lainnya. Di Malaysia style menu sarapannya juga tidak jauh berbeda. Di sana menu sarapan yang cukup populer adalah nasi lemak yang tampilannya tidak jauh beda dengan nasi uduk. Demikian juga dengan negara-negara Asia lainnya. Style menu sarapan yang berkembang rata-rata berbasis beras. Sebut saja seperti Khao Tom di Thailand dan burbur Dimsum di Cina.

Ragam Menu Sarapan Ala Eropa

Berbeda dengan style menu sarapan Asia, style menu sarapan ala Eropa jauh lebih simpel. Menu sarapan yang dikenal oleh masyarakat eropa adalah menu-menu yang siap santap. Tanpa proses mengolah dan memasak yang ribet di pagi hari. Seperti sereal, roti bakar, roti manis yang disajikan bersama selai. Sebagai pelengkap disajikan juga minuman yoghurt dan daging olahan dingin siap saji. Sangat simpel sekali bukan? Sangat sesuai dengan kultur masyarakat eropa yang serba cepat, praktis dan simpel.

Ragam Menu Sarapan Ala Amerika

gambar: femina.co.id

gambar: femina.co.id

Menu sarapan ala Amerika tidak terlalu ribet seperti Asia, tapi tidak bisa juga dibilang simpel seperti Eropa. American Breakfast Style yang dikenal umum adalan olahan telur seperti omelet, pancakes, crepes, sereal dan roti bakar. Biasanya menu-menu ini dilengkapi dengan irisan buah segar dan siraman sirup maple yang kental. Terkadang juga dilengkapi dengan sosis dan kentang goreng.

Ragam Menu Sarapan Ala Pelaku Food Combining

Pakar food combining menyarankan agar pada pagi hari mengkonsumsi makanan yang ringan, mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Untuk itu, menu sarapan ala pelaku food combining adalah buah-buahan, baik dalam bentuk jus ataupun irisan buah segar. Buah-buahan diketahui mengandung nutrisi (khususnya vitamin dan mineral) yang tinggi dan mudah diserap untuk tubuh. Mengkonsumsi buah dipagi hari diyakini baik untuk detoksifikasi dan kesehatan pencernaan. Karena buah juga diketahui kaya akan serat yang baik bagi pencernaan dan meluruhkan kolesterol dari dalam darah.

Demikian sekilas informasi tentang ragam menu sarapan dari berbagai belahan dunia, semoga bermanfaat! Apapun style menu sarapan kita, pilihlah menu sarapan yang sehat dan baik bagi tubuh. Jangan lupa untuk selalu sarapan sebelum jam sembilan. Sayangi tubuh kita.

Referensi: Rubrik Mozaik Majalah Alia No. 11 tahun IV

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...