Kuliner / Lain-lain / Resep Sayur Asem Yang Enak dan Segar

Resep Sayur Asem Yang Enak dan Segar

Sebenarnya saya juga baru satu kali mempraktekkan resep sayur asem ini. Padahal resep ini sudah cukup lama tersimpan rapi dalam catatan. Pertama kali mencicipi sayuran ini sewaktu masih ngekos, karena sering membeli makanan di warung. Saya langsung menyukai sayuran ini karena rasanya yang enak dan segar. Sayur asem sangat pas dinikmati saat udara panas di siang hari. Rasanya yang segar membuat makan terasa lebih nikmat.

Nah, ketika pulang kampung selera kuliner ikutan pulang ke asalnya. Apalagi keluarga sangat fanatik dengan masakan melayu. Jadinya, sangat sulit meloloskan resep-resep asing dari negeri seberang. Nah, dari pada resep ini nantinya hilang tanpa manfaat mendingan saya bagikan di sini kan? Siapa tau ada diantara Anda yang belum tau resep sayur asem. Silahkan dicontek mudah-mudahan bisa menjadi amal jariyah bagi saya. Aamiin.

Bahan-bahan

1 buah labu siam, potong-potong dadu sesuai selera

1 buah jagung manis, potong bulat.

Kacang panjang secukupnya, potong ukuran 5 cm.

Daun dan buah melinjo secukupnya

Kacang tanah secukupnya

2 lembar daun salam

1 ruas jari lengkuas, dikeprek.

1 liter air/sesuai selera

Garam dan gula secukupnya

Asam jawa secukupnya

Bumbu Halus

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

5 buah cabe merah

 

Cara Memasak

–          Didihkan air dalam panci, kemudian masukkan lengkuas, daun salam, asam jawa, gula, garam dan bumbu halus sambil diaduk-aduk.

–          Masukkan bahan-bahan sayur  yang agak keras terlebih dahulu seperti jagung, kacang tanah dan melinjo. Tunggu hingga setengah matang sambil sesekali diaduk. Berikutnya tambahkan labu siam. Masak hingga labu siam agak lembut.

–          Terakhir, masukkan kacang panjang dan daun melinjo. Masak hingga semua bahan matang.

–          Sayur asem siap dihidangkan bersama nasi dan lauk pauknya.

Nah, tidak sulitkan membuat sayur asem. Tidak ubahnya seperti membuat sayur bening bukan? Bedanya, pada sayur asem bumbu-bumbu seperti cabe dan bawang harus dihaluskan. Kemudian ditambah dengan bumbu-bumbu penyedap lain seperti lengkuas, daun salam dan asem jawa.

Resep sayur asem ini sangat fleksibel. Anda bisa saja menambahkan atau mengurangi bahan-bahan yang ada sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba dan nikmati segarnya sayur asem buatan sendiri bersama keluarga.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

2 comments

  1. Saya juga tadi maem sayur asem ^_^ #seger

    http://chemistrahmah.com

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...