Kuliner / Khas Daerah / 5 Makanan Pinggir Jalan Khas Jakarta yang Wajib Dicicipi

5 Makanan Pinggir Jalan Khas Jakarta yang Wajib Dicicipi

Kekayaan Indonesia tidak hanya terbatas pada pariwisata dan sumber daya alamnya saja, tapi juga kuliner. Berbagai daerah di Indonesia memiliki kuliner khas masing-masing, begitu juga Jakarta, yang tak lain adalah ibukota negara. Meskipun di Jakarta, anda bisa menemukan berbagai panganan khas dari seluruh daerah di Indonesia, bukan berarti kota besar satu ini tidak memiliki kulinernya sendiri. Ada banyak makanan pinggir jalan yang harus anda coba jika berkunjung ke Jakarta. Berikut lima makanan pinggir jalan khas Jakarta :

1. Kerak Telor

Siapa yang tidak tahu dengan Kerak Telor? Makanan satu ini termasuk yang paling ikonik di Jakarta. Ada banyak wisatawan yang berkunjung ke Jakarta hanya untuk mencicipi Kerak Telor. Mungkin makanan ini sudah tersebar ke berbagai daerah di luar Jakarta, tapi rasanya tidak sah jika tidak mencicipinya secara langsung di Jakarta. Kerak Telor merupakan panganan yang terbuat dari beras ketan putih yang dicampur dengan telur, lalu dibubuhi parutan kelapa sangrai yang telah dibumbui. Rasa Kerak Telor akan sangat nikmat apabila dimakan selagi hangat. Namun sayang saat ini pedagang Kerak Telor semakin sulit ditemui, selain di acara-acara khusus seperti Pekan Raya Jakarta. Selain PRJ, wisatawan juga dapat menemukan pedagang Kerak Telor yang mangkal di Museum Fatahillah.

2. Ketoprak

Dibandingkan Kerak Telor, Ketropak terbilang lebih berat. Ketupat yang menjadi bahan utama pembuatan Ketropak menjadikan makanan ini cukup mengenyangkan. Selain ketupat, ketoprak disajikan dengan tempe, tahu, bihun, telor dan taoge, kemudian disirami dengan bumbu kacang dan ditambah kerupuk. Sekilas ketoprak terlihat sama dengan gado-gado yang juga disirami bumbu kacang, namun bedanya gado-gado diisi dengan sayuran sedangkan ketoprak tidak. Salah satu ketoprak yang tersohor di Jakarta ialah Ketoprak di Jl. Ciragil, Kebayoran Baru. Memang harga ketoprak disini sedikit lebih mahal dibanding ketoprak pedagang kaki lima, akan tetapi hal ini dianggap wajar mengingat rasa Ketoprak Ciragil yang enak dengan bumbu kacangnya yang dicampur dengan kacang Mede.

3. Gado-gado

Selain ketoprak, ada juga gado-gado yang disiram dengan kuah kacang. Gado-gado juga cukup mengenyangkan dengan campuran lontong yang berasal dari beras, telur rebus, tahu goreng, kentang rebus, tomat, selada, sayur kol, kacang panjang dan siraman saus kacang. Bisa dikatakan, makanan satu ini seperti salad. Hanya bedanya, gado-gado disajikan dengan saus kacang, sedangkan salad disajikan dengan saus mayones. Di Jakarta, gado-gado yang cukup tersohor ialah Gado-gado Cemara di Jl. Tanah Abang, Gado-gado Boplo di Jl. Gereja Theresia dan Gado-gado Bonbin di Jalan Cikini.

4. Bubur Ase

Bubur Ase merupakan panganan khas Betawi yang terbuat dari nasi yang dilumatkan, asinan sayur yang terdiri dari sayur sawi, kol, lobak, tauge, mentimun, wortel, tahu, kentang, dan daging sapi. Disebut Ase yang merupakan singkatan dari asinan semur dikarenakan bubur ini disiram dengan kuah semur. Perpaduan rasa manis kuah semur dan rasa asam dari asinan sayur menciptakan rasa gurih dan enak di dalam mulut. Untuk mencicipi bubur ase, traveler bisa mengunjungi Bubur Ase Betawi “Bu Neh” di Jl. Kebon Kacang,  Jakarta Pusat.

5. Kue Rangi

Kuliner satu ini merupakan salah satu kue kuliner tradisional Betawi yang hingga kini masih dapat dijumpai. Kue Rangi terbuat dari campuran kelapa parut dan tepung sagu yang dibakar, kemudian disajikan dengan saus gula merah. Selain rasanya yang manis dan gurih, kue rangi juga memiliki aroma yang khas karena dibuat dengan cara dipanggang dengan kayu bakar. Untuk mencicipinya, traveler bisa menemukan pedagang kue rangi di Pasar Mayestik daerah Kebayoran.

Foto Profil dari Rahel Lasmaria Simbolon

3 comments

  1. Foto Profil dari reandrra46

    dari kesemuanya ini koq yg ga pernah saya tau itu bubur ase yah….. itu apa iya cuma ada di tenabang??..sayang banget kurang promosinya itu…

  2. Foto Profil dari Rahel Lasmaria Simbolon

    lokasinya juga emang di gang sempit mas, di tanah abang :)

  3. wah, kue rangi…..inget jaman SD. skarang dah langka yaa, kalo pun ada di beberapa tempat di bogor dan jakarta, rasanya ga seenak yang di karawang, tempat saya kecil dulu.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...