Kuliner / Khas Daerah / Nasi Grombyang Ala Kabupaten Pemalang

Nasi Grombyang Ala Kabupaten Pemalang

Nasi Grombyang Ala Kabupaten PemalangNasi Grombyang ala Kabupaten Pemalang ? Nah loh, apa anda sudah pernah dengar nasi Grombyang? Apa ramai gitu sehingga disebut sebagai nasi Grombyang? Ya, nasi Grombyang bukanlah nasi yang berisik atau ‘gembrombyang’ kalau kata istilah orang jawanya. Kalau anda belum mengerti apa itu nasi Grombyang, kalau menurut saya nasi grombyang adalah nasi yang mirip dengan soto namun kuahnya sangat kental dan juga hitam namun tidak bersantan. Nasi Grombyang Pemalang menjadi makanan khas Kabupaten Pemalang. Nasi Grombyang biasanya bisa di sajikan dengan pelengkap gorengan ataupun juga sate loso. Bagi anda yang belum mengetahui dengan pasti apa itu nasi Grombyang, jika anda sedang main atau bertandang di Jawa Tengah dan juga lewat daerah Kabupaten Pemalang, maka anda jangan sia – siakan untuk sudi kiranya mampir ke warung Nasi Grombyang yang ada di sekitar alun  – alun kota kabupaten Pemalang ini.

Nasi Grombyang mempunyai kuah yang sangat kental, biasanya di campur dengan bumbu kluwek. Daging yang di pakai pada nasi Grombyangpun tidak daging sapi ataupun daging ayam, melainkan daging maeso ataupun kerbau. Ya, itu menjadi salah satu ciri nasi Grombyang Pemalang.

Biasanya nasi Grombyang ala kabupaten Pemalang ini di sajikan dengan campuran nasi di dalamnya. Jika biasanya soto kudus nasinya di campur, ya bisa miriplah dengan nasi Grombyang Pemalang. Nikmatilah nasi Grombyang Pemalang selagi masih hangat atau panas, jika anda pecinta sambal, jangan lupa tambahkan sambal agar kenikmatan nasi Grombyang Pemalang akan terasa lebih nendang di mulut anda. Jika anda bingung di Pemalang karena banyak sekali nasi Grombyang di sana, maka saya merekomendasikan anda untuk menyantap nasi Grombyang buatan bapak haji Karso yang juga pernah masuk liputan TV pak Bondan di Wisata kuliner Trans TV dan juga acara Laziz nya Benu Boelo di Trans TV. Nasi Grombyang bapak Karso ibi buka dari jam 10 pagi sampai dengan habis loh…

Nah, tunggu apa lagi.. Segera cicipi kuliner yang satu ini, agar hobi wisata kuliner anda semakin lengkap dengan makanan – makanan khas nusantara lainnya.

Penulis: Trie Apriyanti

Foto Profil dari Trie Apriyanti

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...