Kuliner / Khas Daerah / Tiwul Yu Tum Kuliner Khas Gunung Kidul Yogyakarta

Tiwul Yu Tum Kuliner Khas Gunung Kidul Yogyakarta

Tiwul. Taukah anda makanan yang satu ini memang bagi sebagian orang sangat asing dan juga bagi sebagian orang Tiwul menjadi sebuah panganan yang sangat klasik. Ya, Tiwul mungkin jaman dahulu menjadi sebuah makanan yang biasa dimakan dan menjadi kebutuhan pangan yang harus pertama di penuhi. Namun, seiring dengan berkembangnya jaman, maka Tiwul perlahan – lahan mulai di gantikan dengan nasi jagung dan kemudian sampai sekarang menjadi beras putih atau yang biasa kita sebut dengan nasi. Nah kalau diruntut tiwul sekarang penggantinya nasi. Tiwul memang sekarang ini jarang sekali kita temui. Bahkan bisa di bilang Tiwul menjadi panganan yang sangat langka. Namun, bagi anda pecinta kuliner anda tidak perlu khawatir lagi untuk bisa menikmati Tiwul.

Kuliner Tiwul Yu Tum Gunung Kidul Yogyakarta

Tiwul masih bisa anda temukan di Desa Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta. Tiwul adalah makanan yang terbuat dari singkong yang di olah dan dihancurkan, parutan singkong atau gapleknya sangat halus sehingga Tiwul Yu Tum jika di konsumsi di lidah akan sangat lembut sekali seperti kita sedang mengkonsumsi roti. Ya, di Wonosari masih terdapat penjual Tiwul Bernama Yu Tum. Penjual yang sudah berusia hampir empat dekade ini sudah menurunkan pada anak – anaknya yang sudah berhasil membuka 3 cabang yang berada di kawasan Yogyakarta. Warung Tiwul utama yang ada di Wonosari berada di sebelah balai desa Wonosari yang juga merupakan sentral pusat pertama adanya Tiwul Yu Tum ini. Bagi anda yang sedang berada di Wonosari, anda wajib saya sarankan untuk Mencobanya. Adonan Tiwul Yu Tum yang sangat legit sekali ini di campuri dengan bumbu – bumbu dan juga sayur mayur yang menambah nikmatnya Tiwul Yu Tum yang ditaburi dengan Parutan Kelapa ini. Bentuk Tiwul Yu Tum juga sangat menarik disusun merucut seperti kerucut ya sepeti nasi tumpeng.

Ya, kalau menurut rekomendasi saya sih Tiwul Yu Tum ini cukup enak untuk anda nikmati di tempat makan Yu Tum ataupun bisa anda bawa pulang atau bungkus sambil menikmati indahnya panorama pantai Wonosari.

 

Penulis: Trie Apriyanti

Trie Apriyanti

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...